Sabtu, 20 April 2024

MPR Terbitkan Prangko Khusus Sosialisasikan Empat Pilar

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Ma'ruf Cahyono Sekjen MPR RI menunjukkan Prangko Empat Pilar yang baru diluncurkan sebagai bagian dari sosialisasi, Jumat (29/3/2019), di Gedung MPR RI, Jakarta. Foto: Farid suarasurabaya.net

Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI), hari ini, Jumat (29/3/2019), meluncurkan seri Prangko Sosialisasi Empat Pilar, di Gedung MPR RI, kawasan Senayan, Jakarta.

Perangko khusus itu merupakan hasil kerja sama MPR RI dengan PT Pos Indonesia, Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri), dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

Launching Prangko Empat Pilar MPR itu antara lain dihadiri Maruf Cahyono Sekretaris Jenderal MPR RI, Siti Fauziah Kepala Biro Humas MPR RI, Ikhsan Baidirus Direktur Pos Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kemenkominfo, Fadel Kepala SBU Non Uang Peruri, Oni Hadiono Kepala Regional IV Jakarta, filatelis dan blogger.

Ma’ruf Cahyono Sekretaris Jenderal MPR RI berharap, prangko menjadi salah satu sarana yang efektif dalam menyebarluaskan Pancasila, UUD NRI 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Prangko Empat Pilar MPR memiliki makna yang luar biasa. Prangko ini isinya ideologi. Prangko isinya Pancasila, Pembukaan UUD, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika. Ini sesuai dengan misi MPR mewujudkan metode Empat Pilar MPR agar bisa sampai ke seluruh lapisan masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, Ikhsan Baidirus Direktur Pos Kominfo mengatakan, Empat Pilar MPR adalah platform serta filosofi berbangsa dan bernegara. Karena itu, sangat tepat dan patut diangkat dalam bentuk apa saja untuk memuliakannya, salah satunya dalam bentuk prangko.

Menurut Ikhsan, prangko menjadi duta bagi bangsa Indonesia ke seluruh dunia. Jadi, prangko sangat bermakna dan memiliki kekuatan strategis. Karena itu proses (usulan) untuk masuk dalam prangko tidak mudah.

“Kami sangat selektif baik dalam gambar maupun citra yang hendak disampaikan dalam prangko. Pesan yang disampaikan dalam prangko harus bisa mewakili Indonesia. Karena itu sangat tepat untuk memberikan tempat yang sangat baik, mulia dan terhormat bagi Empat Pilar MPR dalam prangko,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Siti Fauziah Kepala Biro Humas MPR RI mengungkapkan, Prangko Empat Pilar MPR dicetak oleh Peruri dengan teknologi tinggi, dengan bahan kertas uang, dan juga dengan pengamanan seperti uang.

Dengan sinar UV, pada Prangko Empat Pilar MPR akan tampak hologram dengan gambar burung garuda dan tulisan Empat Pilar dengan teknologi micro text. Ini membedakan Prangko Empat Pilar MPR dengan prangko-prangko biasa lainnya. (rid/ang/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
29o
Kurs