Jumat, 26 April 2024

Mahasiswa STIE Perbanas Surabaya Ciptakan Kosmetik Dari Cangkang Telur

Laporan oleh Agung Hari Baskoro
Bagikan
Mahasiswa STIE Perbanas Surabaya berhasil membuat kosmetik berupa bedak tabur dari cangkang telur. Foto: Baskoro suarasurabaya.net

Tiga mahasiswa STIE Perbanas Surabaya berhasil membuat kosmetik berupa bedak tabur dari cangkang telur. Ide ini tercetus ketika Nur Maghfirotul Auliyah, M. Yusril Izza, dan Rica Kurnia Ramadani melihat banyaknya sampah cangkang telur berserakan dan menjadi limbah.

Akhirnya, Auliyah dan temannya mencoba melakukan uji coba laboratorium untuk mengetahui kandungan yang ada di cangkang telur tersebut. Aulia mengatakan, dari hasil uji lab, ternyata cangkang telur mengandung bahan yang cocok untuk dijadikan kosmetik.

“Akhirnya, ditemukan kandungan kalsium karbonat (CaCO3) 94,47 telur dan kolagen 0, 012 telur. Keduanya cocok untuk produk kecantikan,” ujar Auliyah.

Dari hasil uji lab, mereka kemudian mulai mengkombinasikan cangkang telur dengan bahan-bahan lain, seperti tepung beras, dan bubuk kunyit untuk membuat bubuk tabur yang dinamakan “Ray Beauty”. Prosesnya, kulit telur dibersihkan dari kotorannya hingga bersih menggunakan air dan direbus dalam air mendidih. Selanjutnya, cangkang telur direndam dengan perasan air jeruk nipis untuk menghilangkan bau amis dari kulit telur.

“Kulit telur tersebut dikeringkan di bawah sinar matahari dan diblender sampai halus dan menjadi bubuk,” jelasnya.

Tak hanya membuat, ia dan temannya juga telah menjual produk ini dalam kemasan 25 gram. Auliyah mengklaim, produk bedak tabur dari cangkang telur ini memiliki beberapa manfaat, seperti mencerahkan kulit wajah, mengurangi flek hitam, dan mencegah penuaan dini. (bas/dwi/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
26o
Kurs