Kamis, 25 April 2024

Marinir TNI AL dan Amerika Latihan Tembak Tempur

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Marinir TNI AL bersama prajurit United States Marine Corps latihan bersama tembak tempur. Foto: Dispen Kormar

Tembak Tempur Offensive (TTO) dan Tembak Tempur Deffensive (TTD) jadi materi Latma Platoon Exchange (Platex) 2019 yang diikuti Marinir Indonesia dan Amerika.

Prajurit Korps Marinir TNI AL dan Marinir Amerika Serikat (USMC) dalam latihan bersama (Latma) Platoon Exchange (Platex) 2019 berlatih Tembak Tempur Offensive (TTO) dan Tembak Tempur Defensive (TTD) di Pusat Latihan Pertempuran Marinir 5 Baluran, Banyuputih, Situbondo, Selasa (13/8/2019).

Dalam latihan yang disaksikan langsung Mayor Marinir Eko Budi Prasetyo selaku Komandan Satgas Latma Platex 2019, Perwira Interpreter Mayor Marinir Anton Waris Kuncoro, Pasiops Yonif 3 Mar Mayor Marinir Iskandar Muda Tanjung dan Kapten USMC Alfarado tersebut Tembak Tempur Offensive dari jarak 150 meter, kemudian lari menuju jarak 100 meter untuk melaksanakan menembak dengan posisi tiarap, setelah itu maju ke jarak 50 meter dilanjutkan menembak dengan posisi berlutut dan diakhiri dengan jalan sambil menembak hingga di jarak 25 meter, sedangkan untuk Tembak Tempur Defensive, Marinir kedua Negara melaksanakan penembakan dari jarak 300 meter.

Mayor Marinir Eko Budi Prasetyo Komandan Satgas Latma Platex 2019 mengatakan, latihan menembak TTO dan TTD tersebut dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan teknik maupun taktik prajurit Marinir kedua Negara dalam menggunakan senjata perorangan.

Pada latihan menembak TTO dan TTD, juga dilaksanakan menembak senjata bantuan General Purpose Machine Gun (GPMG) dari jarak 400 meter dan menembak malam.

Selain menembak, lanjut Mayor Marinir Eko Budi Prasetyo, dalam Latma Platoon Exchange tahun 2019 juga dilatihkan beberapa materi lainnya diantaranya patroli tempur, GMUK, Serangan, pertempuran jarak dekat dan jungle survival.

“Latma Platex akan berlangsung hingga 27 Agustus 2019 nanti dengan kawasan daerah latihan meliputi Mako Yonif 3 Marinir Gedangan, Puslatpurmar 5 Baluran dan di Hutan Selogiri Banyuwangi,” tegas Mayor Marinir Eko Budi Prasetyo Komandan Satgas Latma Platex 2019.(tok/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs