Minggu, 28 November 2021

Masing-Masing Dapat Dua Hektare, 100 KK Asal Jatim Berangkat ke Kaltara

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Abdul Halim Iskandar Menteri Desa PDTT. Foto: dok suarasurabaya.net

Sebanyak 100 kepala keluarga (KK) sejumlah total 298 jiwa dari sejumlah daerah di Jawa Timur berangkat ke Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara (Kaltara), Rabu (27/11/2019).

Mereka adalah transmigran dalam program Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes-PDTT) yang berangkat ke Satuan Permukiman 10 (SP 10) di Kaltara.

Abdul Halim Iskandar Menteri Desa PDTT memberangkatkan para transmigran dari Gedung Negara Grahadi, Jalan Gubernur Suryo, Surabaya. Secara simbolis, sejumlah bantuan untuk transmigran dia berikan.

“Hari ini 100 KK yang berangkat ke Kaltara, sudah ada sektor 1-9 yang 90 persen dari Jawa Timur. Alhamdulillah, ada testimoni bagus dari transmigran Trenggalek yang berangkat lebih dulu,” katanya.

Abdul Halim menjelaskan, transmigran akan mendapat beberapa fasilitas dari pemerintah. Mulai alat-alat pertanian, jatah hidup, serta lahan seluas masing-masing dua hektar setiap kepala keluarga.

“Yang 1 hektar di lingkungan rumah untuk kehidupan sehari-hari, di lahan pertanian 1 hektar dan pada saatnya akan kita serahkan sertifikat hak milik yang akan jadi milik mereka,” lanjut Gus Halim.

Dalam kesempatan itu, Gus Halim menyerahkan bantuan berupa genset. Sedangkan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa memberikan berbagai macam benih unggul kepada Transmigran.

“Nanti saya akan memantau langsung kondisi di Bulungan, 9-12 Desember mendatang. Selain memantau transmigran, ada 6 ribu sertifikat hak milik yang akan saya berikan,” ujarnya.(den/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Suasana Unjuk Rasa di Depan Taman Pelangi Surabaya

Suasana Unjuk Rasa Menuju Kantor Bupati Gresik

Suasana Unjuk Rasa Melewati Basra

Surabaya
Minggu, 28 November 2021
28o
Kurs