Kamis, 25 April 2024

Massa Aksi Mulai Berkumpul di Sekitar Gedung Bawaslu

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Massa aksi 22 Mei berkumpul di sekitar Gedung Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat pada Rabu (22/5/2019). Foto: Farid suarasurabaya.net

Massa yang akan menggelar aksi unjuk rasa menuntut supaya dugaan kecurangan Pemilu 2019 diungkap, sudah berkumpul di sekitar Gedung Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat.

Pantauan di lokasi, sekitar 200-an orang tersebar di tiga titik. Mereka tidak bisa merapat ke depan Gedung Bawaslu, karena aparat kepolisian tidak mengizinkan.

Pasukan Anti Huru Hara Korps Brimob yang bertugas menangani kerusuhan, siap siaga dengan peralatannya yaitu pelindung tubuh, helm, tameng, serta senjata stik kayu rotan dan pelontar gas air mata.

Sampai pukul 10.00 WIB, suasana bisa dibilang kondusif. Tidak ada massa peserta Aksi Gerakan Nasional Kedaulatan Rakyat yang malakukan pergerakan agresif.

Begitu juga dengan aparat keamanan. Mereka yang sudah bertugas dari kemarin, memanfaatkan waktu beristirahat di sekitar lokasi.

Menjelang pukul 10.30 WIB, ratusan massa mulai menggelar aksi orasi di sisi utara Gedung Bawaslu. Mereka menyerukan bahwa Pemilu 2019 penuh kecurangan.

Sementara dari sisi timur, Jalan KH Wahid Hasyim, sekitar 500 massa yang rata-rata memakai kopiah putih mulai berdatangan dan berkumpul di sekitar lokasi.

Sekadar diketahui, pendukung Prabowo Subianto-Sandiaga Uno pasangan calon presiden nomor urut 02 dari kemarin menggelar aksi unjuk rasa di depan Gedung Bawaslu.

Tujuannya, menuntut KPU-Bawaslu mendiskualifikasi Joko Widodo-Ma’ruf Amin pasangan calon presiden nomor urut 01 yang dianggap melakukan kecurangan terstruktur, sistematis dan masif.

Dalam aksi itu, massa pendukung Prabowo-Sandi melakukan sejumlah kegiatan mulai dari salat berjamaah, buka puasa bersama, sampai salat tarawih.

Sayangnya, aksi yang awalnya berlangsung damai itu memanas karena ada sekelompok massa yang memaksa masuk ke dalam Gedung Bawaslu.

Menjelang tengah malam sampai dini hari tadi, terjadi bentrokan fisik antara polisi dengan massa di daerah Tanah Abang, Jakarta Pusat. (rid/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs