Jumat, 26 April 2024

Masyarakat Perlu Tingkatkan Kesadaran pada Penyandang Autis

Laporan oleh Agung Hari Baskoro
Bagikan
Para penyandang autisme di acara Walk for Autism di Kampus Unesa Lidah Wetan, Surabaya pada Sabtu (23/3/2019). Foto: Baskoro suarasurabaya.net

Ricky C. Bastian Junior Chamber International (JCI) Indonesia East Java Local President mengatakan, masyarakat perlu meningkatkan kesadaran dan kepedulian pada para penyandang autisme dan disabilitas secara umum.

“Diperlukan kolaborasi dari berbagai pihak. Untuk meningkatkan kesadaran, awareness terkait anak-anak autis dan disabilitas,” ujar Ricky ketika ditemui di acara Walk for Autism di Kampus Unesa Lidah Wetan, Surabaya pada Sabtu (23/3/2019).

Ia mengatakan, acara-acara yang mempertemukan antara penyandang autis dengan non penyandang autis, perlu digelar. Pasalnya, dengan bertemu secara langsung dengan penyandang autis, masyarakat akan mulai memahami karakter mereka dan akhirnya bisa peduli.

“Supaya mereka bisa tahu, paham, bagaimana sih bersikap ketika menemukan anak-anak autis di luar. Ini meningkatkan kepedulian dan kesadaran mereka pada penyandang autis,” katanya.

Di Jawa Timur sendiri, ia menilai sudah banyak perubahan pola pikir dan perilaku masyarakat terhadap autisme. Menurutnya, sudah ada sikap yang lebih peduli dan sadar ketika mereka bertemu dengan penyandang disabilitas.

“Dulu banyak yang nggak tahu. Misal ada anak yang emosinya meledak-ledak, ternyata akhirnya tahu ini autis. Sehingga, sekarang lebih banyak yang bersikap, lebih tahu bagaimana bersikap. Jadi meningkat sekali daripada sebelumnya,” ujar Ricky. (bas/tin/ipg)

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
29o
Kurs