Jumat, 3 Mei 2024

Memilih Klinik untuk Menitipkan Kucing Kesayangan Selama Mudik

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Sebelum masuk kandang penitipan, Kucing diperiksa kesehatannya. Foto: Totok suarasurabaya.net

Sejumlah pemilik satwa kesayangan seperti kucing pada masa mudik Lebaran memilih menitipkan satwa kesayangannya di tempat-tempat penitipan resmi atau klinik demi kesehatan dan kenyamanan satwa.

Rinita Putri warga Ketintang memilih sebuah klinik sekaligus pet shop di kawasan Jalan Karah, Surabaya selama dirinya mudik Lebaran bersama keluarganya ke Solo, Jawa Tengah.

“Lebih terjamin kesehatan dan makanannya kalau dititipkan di klinik seperti ini, bukan sembarang tempat penitipan. Lebih aman. Kucingnya terjaga kesehatannya selama ditinggal mudik Lebaran. Soalnya tidak mungkin juga mudik sekalian bawa kucing. Repot nanti,” kata Rinita, Senin (3/6/2019).

Saat masuk ke klinik untuk menitipkan Kucing kesayangnnya, Rinita sempat mendapat beberapa pertanyaan dari pihak klinik. Misalnya, apakah kucing miliknya sudah pernah divaksin atau disuntik vitamin tertentu.

“Jadi lebih tenang pikiran kita. Mudik Lebaran, kucing tetap terjamin kesehatan dan makananya. Kebetulan memang ada pemeriksaan kesehatan sebelum dititipkan, nanti juga akan diperiksa lagi kesehatannya. Aman, kan?” kata Rinita.

Senada dengan Rinita, Fifi warga Kedurus juga menitipkan kucing miliknya selama ditinggal mudik Lebaran agar keseharian kucing itu tetap terjaga makanan dan lingkungan serta kesehatannya.

“Kasihan kalau dibiarkan. Mending dititipkan seperti di klinik semacam ini. Karena ada dokternya, jadi kelau sewaktu-waktu sakit bisa langsung diperiksa. Selama kami mudik Lebaran dititipkan untuk menjaga makanan sekaligus memeriksa kondisi kesehatannya. Tiap tahun kami titipkan pas ditinggal mudik Lebaran,” ujar Fifi.

Terjaminnya kesehatan dan makanan satwa peliharaan itu seperti disampaikan drh. Nimas Ayu Pertiwi Pemilik sekaligus pengelola Pradika Rabbit Pet Shop, Vet and Care.

“Setelah diperiksa kesehatannya, secara rutin satwa yang masuk ke tempat kami akan diperiksa dokter hewan. Supaya kesehatannya tetap terpantau. Secara rutin juga kami infokan kesehatan satwa yang ada di tempat kami,” papar Nimas Ayu.

Terkait animo pemilik satwa, Nimas mengatakan, mendekati Lebaran ini kebutuhan penitipan satwa memang cukup tinggi.

“Tapi kami sudah kehabisan kandang untuk penitipan sejak sekitar dua minggu yang lalu. Kebanyakan memang sudah dipesan,” kata Nimas.(tok/den)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
32o
Kurs