Rabu, 8 Mei 2024

Menteri ESDM Resmikan Sejumlah Infrastruktur Energi di Sidoarjo

Laporan oleh Agung Hari Baskoro
Bagikan
Ignasius Jonan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral saat meresmikan sejumlah infrastruktur energi Kabupaten Sidoarjo Jatim pada Jumat (1/3/2019). Foto: Baskoro suarasurabaya.net

Ignasius Jonan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) meresmikan sejumlah infrastruktur energi Kabupaten Sidoarjo, di Perum Tas 2, Desa Kalisampurno, Tanggulangin, Kabupaten Sidoarjo Jatim pada Jumat (1/3/2019).

Sejumlah infrastruktur energi yang diresmikan tersebut terdiri dari jaringan gas (Jargas) bumi untuk rumah tangga, konverter kit (konkit) BBM ke LPG untuk nelayan, penerangan jalan umum tenaga surya (PJU-TS), dan sumur bor air bersih.

Pada acara ini, sebanyak 7.093 sambungan rumah (SR) jaringan distribusi gas bumi untuk rumah tangga (Jargas) diresmikan, dan 196 paket konversi BBM ke LPG untuk nelayan kecil di Sidoarjo diserahkan secara simbolis.

“Pemerintah memanfaatkan dana APBN untuk pembangunan Jargas bagi rumah sederhana, rusun sederhana dan daerah-daerah yang telah tersedia pasokan gasnya,” ujar Jonan ketika ditemui di lokasi pada Jumat (1/3/2019).

Jargas Sidoarjo yang diresmikan ini dibangun dengan menggunakan dana APBN tahun 2018, pasokan gas berasal dari Lapindo Brantas Ltd sebesar 0,4 mmscfd. Jargas dibangun di tujuh desa, yaitu Desa Banjar Panji, Banjar Asri, Penatarsewu, Sentul, Kalisampurno, Kedensari dan Boro.


Salah satu Jargas yang telah terpasang di rumah warga. Foto: Baskoro suarasurabaya.net

Peresmian Jargas ini merupakan kelima kalinya di Sidoarjo. Jargas pertama kali dibangun tahun 2010 sebanyak 4.061 SR. Selanjutnya 2.457 tahun 2011, tahun 2012 sebanyak 2.230 SR, tahun 2014 sebanyak 1.702 dan terakhir 2018 mencapai 7.093 SR. Total Jargas yang dibangun di Kabupaten Sidoarjo sebesar 17.543 SR.

“Jargas rumah tangga punya banyak keunggulan yaitu aman, bersih, hemat serta praktis karena tersedia 24 jam. Penggunaan jargas juga akan menekan pengeluaran karena lebih hemat. Ini akhirnya dapat meningkatkan daya beli masyarakat,” kata Jonan.

Sebagai Informasi, Selain Sidoarjo, Jargas di Provinsi Jawa Timur secara bertahap juga dibangun di Kota Surabaya, Kabupaten Mojokerto, Kota Pasuruan dan Kota Probolinggo. Hingga saat ini, total Jargas yang terbangun di Jawa Timur sebanyak 65.961 SR. (bas/wil/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Rabu, 8 Mei 2024
26o
Kurs