Sabtu, 27 April 2024

Menteri PUPR Pastikan Jalan Rusak Diberesi Sebelum H-10 Lebaran

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Basuki Hadimuljono Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) saat peresmian tol Pandaan-Malang, Senin (13/5/2019). Foto: Abidin suarasurabaya.net

Basuki Hadimuljono Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) memerintahkan seluruh jajarannya memastikan pembenahan jalan nasional selain tol selesai pada H-10 lebaran.

“Hari-hari ini kami eselon 1 itu keliling semua untuk mengecek jalan nasional non tol untuk kesiapan mudik lebaran,” ujarnya ditemui di sela peresmian tol Pandaan-Malang, Senin (13/5/2019).

Basuki mengatakan, jalan nasional yang mengalami rusak parah berada di jalur lintas timur (Jalitim), tepatnya di ruas Pelembang-Jambi yang mengalami rusak parah sepanjang 236 kilometer.

“Ruas jalan nasional Palembang-Jambi sepanjang 236 kilometer dengan 3000 lubang, ini langsung dikerjakan,” kata Basuki.

Basuki mengatakan, kalau jalan nasional di pulau Jawa masih relatif aman. Namun, pihaknya tetap memerintahkan Dirjen Bina Marga untuk menyusuri jalan di Pantura termasuk di Jawa.

“Semua kami cek, di Pantura ini nanti pak Dirjen nanti pulang dari sini lewat jalur darat sama mengecek jalan,” ujarnya.

Basuki mengaku, pembenahan jalan di Jalintim agak berat Palembang-Jambi. Masalahnya karena sudah dua kali lelang tidak berhasil.

“Lelang dua kali batal tidak berhasil, sekarang dalam keadaan lelang lagi. Kami tidak mau sembrono karena soal uang ini,” katanya.

Basuki juga memastikan jalan di Lumajang-Probolinggo segera dibenahi, lalu yang Surabaya-Ngawi akan dilihat semua hari ini. (bid/dwi)

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
27o
Kurs