Jumat, 26 April 2024

Menteri Susi Ajak UEA Berantas Pencurian Ikan Ilegal

Laporan oleh Anggi Widya Permani
Bagikan
Susi Pudjiastuti Menteri Kelautan dan Perikanan RI bersama dengan Thani bin Ahmed Al Zeyoud Menteri Perubahan Iklim dan Lingkungan UEA, dalam pertemuan bilateral di Abu Dhabi, Rabu (6/3/2019). Foto: Kementerian Kelautan dan Perikanan

Susi Pudjiastuti Menteri Kelautan dan Perikanan RI mengajak pemerintah Uni Emirat Arab (UEA) untuk bersama-sama memberantas tindak pidana pencurian ikan secara ilegal.

Dilansir Antara, Sabtu (9/3/2019), Susi mengajak UEA untuk turut mendukung Indonesia dan negara-negara lainnya dalam meningkatkan kesadaran global tentang isu kejahatan perikanan lintas batas.

Untuk itu, kata dia, UEA diharapkan turut aktif menyampaikan permasalahan ini dalam forum-forum global.

Ini disampaikan Susi ketika melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Perubahan Iklim dan Lingkungan UEA,Thani bin Ahmed Al Zeyoud di Abu Dhabi, Rabu (6/3/2019.

Dalam pertemuan itu, Susi juga menyampaikan pandangannya terkait ratifikasi Port State Measures Agreement (PSMA) yang dinilai tidak akan efektif mengurangi praktik IUUF atau penangkapan ikan ilegal selama transshipment (alih muatan) tidak dilarang di laut lepas.

“Walaupun saat ini PSMA sudah dinyatakan berlaku secara global, tetapi kapal-kapal yang terindikasi penangkapan ilegal itu akan menghindar untuk masuk ke pelabuhan. Oleh karena itu, solusi yang paling memungkinkan untuk membasmi IUUF secara efektif adalah dengan cara melakukan pelarangan transshipment,” ujarnya.

Ia mengemukakan, bahwa dukungan yang dapat dilakukan UEA antara lain dengan mengajak negara-negara lainnya seperti Afrika dan Pasifik untuk bergabung dalam gerakan untuk mendukung pengakuan akan adanya kegiatan lintas batas negara yang dilakukan oleh kapal-kapal perikanan.

Sementara itu, Menteri Thani menyampaikan penghargaannya kepada Indonesia, dan menyampaikan bahwa UEA akan menaruh perhatian yang besar terhadap penurunan stok sumber daya ikan secara global yang mengancam ketahanan pangan global.

Untuk itu, seiring dengan kepemimpinan UEA dalam Indian Ocean Rim Association (IORA) periode 2019-2021, UEA juga mengajak Indonesia untuk bekerja sama menjalankan program IORA agar dapat berjalan dengan baik dan sukses.

Menteri Thani juga membahas mengenai penanaman kembali mangrove dan gua buatan di laut sebagai salah satu program penyelamatan terumbu karang.

Ia mengusulkan kebijakan untuk mewajibkan para pemilik kapal agar menjaga keberlangsungan perikanan beserta ekosistemnya.

Saat ini, UEA telah melakukan perlindungan terhadap dugong sebagai hewan yang dilindungi pada kawasan konservasi, yang meliputi tujuh persen dari total wilayah laut UEA.

Selain itu, UEA juga tengah mengembangkan pengelolaan sektor budidaya dan aktif melaksanakan program pembersihan sungai Nil di Mesir. (ant/ang)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
26o
Kurs