Sabtu, 26 September 2020

Misa Kamis Putih Awali Rangkaian Paskah 2019

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Pembasuhan kaki umat oleh Pastur merupakan ajaran Yesus untuk melayani umat, dilaksanakan pada misa Kamis Putih jelang Paskah. Foto: Totok suarasurabaya.net

Misa Kamis Putih digelar umat Katolik di Kota Surabaya, di sejumlah gereja, Kamis (18/4/2019) yang menjadi rangkaian perayaan Paskah 2019 atau Minggu Paskah. Umat Katolik biasa menyebutnya sebagai Hari Tri Suci Paskah.

Dimulai dengan misa Kamis Putih, yang biasanya ditandai dengan upacara pembasuhan kaki oleh Romo atau Pastur. Kemudian dilanjutkan dengan misa Jumat Agung yang didahului dengan Jalan Salib, dan Malam Paskah pada Sabtu malam menjelang Minggu Paskah pada pagi harinya.

Di Kapel Rumah Sakit Katolik St. Vincentius A Paulo, umat berdatangan sejak sebelum pukul 18.00 untuk mengikuti Misa Kamis Putih. Pada misa Kamis Putih, disertai dengan pembasuhan kaki umat oleh Pastur yang dimaknai sebagai kepasrahan Yesus melayani umat.

Kamis Putih juga dimaknai sebagai peringatan perjamuan malam atau the last supper yang dilakukan Yesus bersama dengan para muridnya sebelum akhirnya Yesus ditangkap, diadili dan kemudian disalibkan. Sebelum pelaksanaan perjamuan malam, Yesus membasuh kaki murid-muridnya. Ini adalah ajaran Yesus tentang pelayanan.

Sedangkan Jumat Agung adalah misa memperingati atau mengenangkan peristiswa sengsara Yesus sebelum akhirnya wafat di kayu salib. Oleh karena itu, Jumat Agung biasanya juga dilakukan Jalan Salib serta teatrikal menceritakan kisah sengsara Yesus sebelum disalibkan.

Peringatan kebangkitan Yesus, setelah tiga hari wafat dilaksanakan dengan Misa Sabtu Suci atau biasa disebut sebagai Malam Paskah. Misa ini ditandai dengan penyalaan lilin sebagai bagian dari misa cahaya. Dan seluruh rangkaian ditutup misa Minggu Paskah.(tok)

Berita Terkait
NOW ON AIR SSFM 100

M. Aprileo Habie

Potret NetterSelengkapnya

Kemacetan di Raya Taman arah Bundaran Waru

Bypass Krian arah Mojokerto Macet

Underpass Satelit arah Mayjen Sungkono Macet

Kemacetan di Manukan

Surabaya
Sabtu, 26 September 2020
26o
Kurs