Sabtu, 18 Mei 2024

Monsinyur Ignatius Suharyo Uskup Agung Jakarta Resmi Dilantik menjadi Kardinal

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
Monsinyur Ignatius Suharyo Harjoatmodjo Uskup Agung Jakarta resmi dilantik menjadi Kardinal. Foto: akun twitter @lukmansaifuddin

Monsinyur Ignatius Suharyo Harjoatmodjo Uskup Agung Jakarta resmi dilantik menjadi Kardinal. Pelantikan dilakukan oleh Paus Fransiskus di Basilika Santo Petrus, Vatikan pada Sabtu (5/10/2019) pukul 21.00 WIB.

Ignatius Suharyo yang menggantikan Kardinal Yulius Darma Atmadja ini dilantik bersama 12 Kardinal baru dari negara lainnya. Suharyo merupakan Kardinal ke-3 asal Indonesia.

Saat menjabat sebagai Uskup Agung Jakarta, Monsinyur Suharyo menitikberatkan pengamalan pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Mempunyai hubungan yang cukup dekat dengan semua pemuka agama di Undonesia.

Antonius Agus Sriyono Duta Besar Indonesia untuk Takhta Suci Vatikan menyampaikan ucapan terima kasih Joko Widodo Presiden atas nama pemerintah dan rakyat Indonesia karena Paus telah memilih Kardinal dari Indonesia.

“Selain mengucapkan terima kasih, pengangkatan Kardinal sebuah rahmat bagi bangsa Indonesia yang memiliki beragam agama,” kata Agus, seperti dalam rilis yang diterima suarasurabaya.net.

Kardinal merupakan pejabat senior di Gereja Katolik Roma yang berada di bawah Paus dan ditunjuk oleh Paus. Kardinal memiliki tugas untuk menghadiri rapat dalam dewan suci. Selain itu, Kardinal juga bertugas untuk memilih pengganti Paus.

Kardinal mengucapkan terima kasih kepada seluruh pemuga agama di Indonesia atas kerjasama yang baik dalam mewujudkan toleransi antar umat beragama. Selain itu, Kardinal Suharyo juga minta doa restu sehubungan dengan tugas barunya sebagai Kardinal.

“Saya bangga sebagai bangsa Indonesia yang menjunjung tinggi toleransi. Antar umat beragama bisa duduk berdampingan. Ini salah satu yang menjadi pertimbangan diangkatnya Kardinal dari Indonesia,” kata Ignstius Suharyo.

Lukman Hakin Saifuffin Menteri Agama RI juga turut menghadiri pelantikan Kardinal di Basilika Santo Petrus Vatikan, Sabtu (5/10/2019) kemarin.

“Selamat kepada Bapak Ignatius Kardinal Suharyo yang baru saja dinobatkan sebagai kardinal,” tulis Lukman Hakim Saifuddin Menteri Agama melalui akun twitternya @lukmansaifuddin. (dwi/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Sabtu, 18 Mei 2024
26o
Kurs