Jumat, 29 Maret 2024

Mulai Tahun Ini, Unesa Wajibkan Mahasiswanya Ikut Mata Kuliah Olahraga

Laporan oleh Agung Hari Baskoro
Bagikan
Ilustrasi. Foto: unesa.ac.id

Mulai tahun ini, Unesa mewajibkan mahasiswa mengikuti mata kuliah olahraga.

Bambang Yulianto Wakil Rektor 1 Unesa mengatakan, mata kuliah dengan nama resmi pendidikan jasmani dan kebugaran ini wajib bagi semua mahasiswa baru angkatan 2019.

Tujuannya, agar mahasiswa memiliki landasaran pendidikan karakter, memiliki keterampilan gerak, dan keterampilan pengelolaan diri. Menurutnya, olahraga mampu menjadi medium meninternalisasi karakter luhur, seperti cinta damai, toleransi, sportivitas, jujur, disiplin, tanggungjawab, kerjasama, dan percaya diri.

“Disamping itu, juga ada landasan mengembangkan keterampilan gerak. Anak-anak sekarang itu diharapkan punya kepedulian terhadap gerak. Teknologi yang berkembang saat ini, memberi peluang anak-anak mengabaikan gerak. Main game segala macem, diharapkan timbullah kesadaran ini. Yang ketiga, memberikan keterampilan pengelolaan diri. Artinya dengan mata kuliah ini, muncul kesadaran berpola hidup sehat dalam rangka meningkatkan kesehatan dan kebugaran,” ujar Bambang pada Jumat (16/8/2019).

Ia mengatakan, mata kuliah ini akan ada di semester 1 atau 2 tergantung prodi yang diambil mahasiswa. Sebab, mata kuliah ini membutuhkan sumber daya besar, sehingga akan ada sistem rolling. Artinya, tidak semua prodi bisa mengambil mata kuliah ini di semester 1.

“Kita akan bagi bergiliran, semester tertentu kampus lidah, semester berikutnya yang Ketintang, begitu. Bisa diatur. Yang pasti berbeda. Harapannya kan muncul kesadaran itu, bahwa kebugaran itu bagian penting,” ujarnya.

Menurut Bambang, adanya mata kuliah olahraga di kampus bukan hal baru. Kampus lain, seperti ITB dan UPI lebih dulu mewajibkan mata kuliah ini. Namun, ia mengakui, ini hal baru bagi kampus di Surabaya.

“Mudah-mudahan yang lain bisa mengikuti juga kalau ini dianggap baik,” pungkasnya. (bas/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
32o
Kurs