Minggu, 28 November 2021

Ngaji Kebangsaan, Kolaborasi Gus Ipul dan Slank Menyulam Persatuan Bangsa

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Gus Ipul (kiri) dan grub band Slank dalam konferensi pers di Surabaya Town Square, Minggu (7/4/2019). Foto: Abidin suarasurabaya.net

Saifullah Yusuf (Gus Ipul) bersama Prof Mahfud MD, Ustadz Yusuf Mansur, dan Slank mengajak masyarakat Jatim merenungkan persatuan bangsa di tengah perbedaan jelang pemilihan umum 2019.

Lewat acara bertajuk Ngaji Kebangsaan di Lapangan Kodam V Brawijaya Surabaya, Minggu (7/4/2019) pukul 19.00 WIB, diharapkan bisa menjadi rest area atau tempat berhenti sejenak untuk menurunkan tensi ketegangan jelang Pemilu 17 April 2019.

“Acara ini kami ibaratkan sebagai rest area kalau di jalan tol. Sebentar lagi pemilu, artinya hampir sampai di tujuan, kita istirahat dulu menenangkan fikiran dulu,” kata Gus Ipul penggagas Ngaji Kebangsaan dalam konferensi pers.

Mahfud MD mengatakan, acara ini bertujuan menguatkan kembali ikatan kebangsaan kita bahwa sebagai bangsa itu kita sangat beruntung karena bisa terus bersatu.

Acara ini diharapkan bisa menyadarkan anak bangsa, apapun kekurangannya negara ini harus dijaga karena akan sangat rugi kalau bangsa ini kalau sampai terkoyak kebersatuannya. Karena yang paling bisa diandalkan dari kehebatan bangsa Indonesia itu karena bersatu di dalam keberagaman yang luar biasa.

“Kalau ini sampai terkoyak hanya karena satu event politik yang bernama pemilihan umum maka rugi besar. Makanya mari kita ngaji. Ngaji itu kan sublimasi dari pemahaman dan kesadaran secara lembut, tidak pakai teriak-teriak yang berlebihan. Kita mau bersenang-senang tapi membangun kesadaran di dalam kesenangan itu,” kata Mahfud.

Mahfud juga berpesan, bahwa Pemilu sudah dekat maka seluruh rakyat harus bersiap-siap lebih dari sekedar mencoblos. Pertama, mau memilih pemimpin, Kedua mungkin pilihan kita berbeda, Ketiga kalau sudah selesai akan menerima apapun yang telah dipilih oleh sebagian besar masyarakat Indonesia secara demokratis.

“Kalau tidak puas ada instrumen yang tersedia untuk menyelesaikannya,” katanya.

Dalam Ngaji Kebangsan ini, akan diisi penampilan Slank. Sebelum Slank tampil, akan ada tausiyah kebangsaan oleh Prof Mahfud MD dan Ustadz Yusuf Mansur.

Dalam acara ini Khofifah Indar Parawansa, Pangdam V Brawijaya dan Kapolda Jatim dijadwalkan hadir. (bid/tin/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Suasana Unjuk Rasa di Depan Taman Pelangi Surabaya

Suasana Unjuk Rasa Menuju Kantor Bupati Gresik

Suasana Unjuk Rasa Melewati Basra

Surabaya
Minggu, 28 November 2021
25o
Kurs