Rabu, 24 April 2024

PDAM Surya Sembada Memulai Penyediaan Air Siap Minum dari Ngagel Tirto

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Mujiaman Dirut PDAM Surya Sembada (baju putih) saat menyosialisasikan air siap minum ZAMP di IPAM Ngagel, Senin (23/9/2019). Foto: Denza suarasurabaya.net

PDAM Surya Sembada Surabaya memulai penyediaan air siap minum dari Ngagel Tirto. Warga di Kelurahan Ngagel Rejo ini akan menikmati air siap minum dari Zona Air Minum Prima (ZAMP).

Sekitar 150 warga Ngagel Tirto akan menjadi subjek awal yang akan menikmati air minum dari kran tanpa dimasak, yang dihasilkan dari proyek percontohan (pilot project) PDAM ini.

PDAM Surya Sembada mengklaim, air minum yang keluar dari ZAMP ini sudah memenuhi standar air minum. Semua perpipaan serta alat-alatnya sudah berkualitas food grade.

Mujiaman Direktur Utama PDAM Surya Sembada mengatakan, ZAMP menggunakan membrane technology. Pemurnian air siap minum ini menggunakan membran ultra filtration.

Filter pemurnian itu dia klaim mampu memisahkan air sungai sebagai bahan baku PDAM dari limbah, bakteri, protozoa, bahkan darah yang bercampur dengan air itu. Lalu hasilnya dimurnikan lagi dengan ultra violet.

“Di masa sekarang ini, saya haqqul yaqin air bisa dipisah dari material apapun dengan alat ini. Bahkan dari darah,” ujarnya saat sosialisasi ZAMP di IPAM PDAM Ngagel, Senin (23/9/2019) malam.


Mujiaman Dirut PDAM Surya Sembada (baju putih) meminum air siap minum ZAMP di IPAM Ngagel, Senin (23/9/2019). Foto: Denza suarasurabaya.net

Mujiaman ingin memastikan, warga bisa menerima air siap minum dari ZAMP ini dulu. PDAM siap menerima masukan dari masyarakat di kawasan pilot project di Ngagel Tirto.

Dia memastikan, bulan ini, air siap minum sudah mulai dipisahkan dengan air reguler dengan cara pemasangan pipa baru. Dia targetkan Desember proses pemisahan ini sudah selesai dan air siap dialirkan.

Saat ini, PDAM sudah menentukan sejumlah lokasi untuk penerapan fasilitas air siap minum ZAMP. Di antaranya kawasan Dukuh Pakis, yang mana Mujiaman juga tinggal di kawasan tersebut.(den/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
26o
Kurs