Sabtu, 20 April 2024
Radio Day 2019

PRSSNI Gelar Anugerah Lomba Cipta Lagu Radio dan Radio Award 2019

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Rangkaian acara Radio Day 2019. Foto: Istimewa

Dalam rangka memperingati ulang tahun ke-45, yang jatuh pada tanggal 17 Desember, Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional Indonesia (PRSSNI) mempersembahkan Radio Day 2019.

Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional Indonesia (PRSSNI) adalah organisasi radio siaran swasta yang eksis dan berizin yang terbesar di Indonesia. Saat ini Radio Anggota PRSSNI berjumlah 585 yang bernaung di bawah 26 Pengurus Daerah dan Koordinator Daerah yang tersebar di seluruh Indonesia.

Tujuan acara Radio Day 2019 yaitu untuk kembali memperkenalkan radio sebagai media komunikasi yang efektif dalam merangkul berbagai segmen usia lintas generasi dan “masih selalu” dekat di hati pendengarnya.

Data Nielsen pada kuartal ke tiga tahun 2019 menunjukkan bahwa 57 persen pendengar radio adalah Generasi Z dan Millenials alias generasi masa depan. 4 dari 10 orang pendengar radio mendengar radio melalui perangkat yang lebih personal yaitu mobile phone dengan lama mendengar radio selama 14 jam 47 menit per minggu.

Rangkaian aktivitas Radio Day 2019 ini meliputi penyampaian komitmen PRSSNI untuk menjaga dan menghargai keberagaman oleh Joko Widodo Presiden Republik Indonesia, Erick Thohir Ketua Umum PRSSNI, dan M.Rafiq Sekretaris Umum PRSSNI. Disiarkan serentak di seluruh radio anggota PRSSNI mulai pukul 07.00 WIB.

Acara selanjutnya adalah Anugerah Lomba Cipta Lagu Radio dan Radio Awards 2019, yang akan mengumumkan sekaligus pemberian penghargaan kepada Best Brand, Best Advertising Agency, Best Radio Buying, serta Best Recording Company. Pada kesempatan tersebut, PRSSNI juga akan mengumumkan pemenang Lomba Cipta Lagu Radio 2019.

Lomba Cipta Lagu Radio (LCLRadio) 2019, sebagai salah satu program kerja PRSSNI yang dilaksanakan dalam rangka memperkuat eksistensi media radio di Tanah Air. Lomba ini juga melibatkan partisipasi radio anggota PRSSNI di seantero Tanah Air untuk mengajak pendengar radio di Indonesia untuk menjadi peserta. Ada dua kategori yang dilombakan yakni kategori Pop dan Dangdut, dengan tema bebas.

Musisi, pengamat musik nasional, dan juga Music Director Radio turut dilibatkan sebagai dewan juri dalam LCLRadio 2019 ini, seperti Ikke Nurjanah, Hendro Saky, Irwan Jhons selaku juri Genre Dangdut dan Adib hidayat, Nina Tamam serta Temmy Motion Radio selaku juri Genre Pop.

Kegiatan ini mendapat antusias yang tinggi dari masyarakat terutama para pendengar radio, yang dalam waktu 3 minggu berhasil mengumpulkan sebanyak 1,287 karya lagu, dan pada fase pemilihan lagu favorit pendengar diikuti lebih dari 4000 Voters hanya dalam waktu promosi empat setengah hari.

Lomba Cipta Lagu Radio berhadiah total senilai 200 Juta Rupiah, dan akan diberikan kepada para pemenang di malam Anugerah Lomba Cipta Lagu Radio dan Radio Awards 2019, yang dilaksakan di Hard Rock cafe, Jakarta.

Adapun 5 finalis pilihan juri untuk Genre Pop yaitu :

Usai Denganmu – karya The Midnight Grid (Bandung)
Menjauh Perlahan – karya Achmad Ismail Madu (Bogor)
R.A.-Dio – karya Nata Ryan (Depok)
Hanya Butuh Dia – karya Ephafroditus Leonard Poyk (Bekasi)
Mari Berdansa – karya Rully Indra Taruna (Bekasi)

4 finalis pilihan juri untuk Genre Dangdut yaitu :

Lelah Dilanda Rindu (LDR) – karya Abdul Mahfi (Tuban)
Derita Cinta – karya Sunaryo (Gresik)
Arti Cinta Sejati – karya Silvy Nurmayasari (Kediri)
Terkubur Dalam Hati – karya Sualuddin (Lombok)

Para finalis ini akan memperebutkan Juara 1,2 dan 3 pilihan juri, serta Juara Favorit yang dipilih melalui Voting terbanyak melalui www.lombaciptalaguradio.com.(iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
28o
Kurs