Rabu, 26 Februari 2020

PT AECOM Indonesia Gandeng ITS Majukan Bidang Kemaritiman

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Setelah penandatanganan MoU antara PT AECOM Indonesia dengan ITS Surabaya, berfoto bersama. Foto: Humas ITS Surabaya

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) bersama PT AECOM Indonesia tandatangani MoU, Kamis (20/6/2019) di Ruang Rektor ITS, wujudkan beberapa aspek terkait bidang kemaritiman.

Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng., Rektor ITS yang menyambut baik atas kunjungan dari AECOM tersebut menyatakan, sebenarnya banyak sekali potensi pendidikan yang dapat dikembangkan bersama. Apalagi sekarang ini, ITS sudah menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH) yang dapat melakukan pengelolaan secara mandiri.

Tidak hanya itu juga, Rektor yang kerap disapa Ashari ini juga mengharapkan agar implementasi dari kerja sama ini dapat segera diwujudkan. Baik dalam bentuk menempatkan mahasiswanya untuk berlatih ataupun magang dan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM).

“Bahkan juga nantinya kami harapkan dapat bekerja sama untuk mengembangkan berbagai wilayah di Indonesia,” terang Ashari.

AECOM merupakan perusahan besar berskala internasional dan sudah bergerak di banyak negara di dunia. Perusahaan ini juga memiliki beragam pengalaman baik pada bidang energi, konsultasi, transportasi, ataupun bidang-bidang yang lainnya.

Saat ini, AECOM juga telah banyak terlibat dalam mengerjakan berbagai proyek di Indonesia. Seperti proyek Moda Raya Terpadu (MRT) di Jakarta yang telah selesai beberapa waktu lalu, serta proyek Lintas Raya Terpadu (LRT) yang sedang berjalan.

Selain itu juga, perusahaan ini sempat terlibat dalam beberapa proyek BUMN, seperti pembangunan pembangkit listrik dari Perusahaan Listrik Negara (PLN) dan masih banyak lagi.

Sementara itu, ditambahkan D. Setiaji Hadiprayitno Country Representative PT AECOM Indonesia, menyampaikan bahwa AECOM Indonesia sendiri juga telah memberikan kesempatan bagi mahasiswa ITS untuk magang.

“Bahkan kalau dirasa baik, bisa langsung kami ajak untuk gabung ke perusahaan kami,” tambah Setiaji dalam paparannya di hadapan rektor dan jajaran pimpinan ITS.

Setiaji juga menekankan bahwa setelah ini diharapkan adanya bentuk konkret lagi pada kerja sama ini. Harapanny, ada suatu proyek yang dapat dikerjakan oleh AECOM dan ITS secara bersama-sama. Sehingga dapat memberikan keuntungan bagi banyak pihak, termasuk juga nantinya bagi masyarakat umum.(tok/rst)

Berita Terkait