Jumat, 29 Maret 2024

Papua Hentikan Pembangunan Proyek Patung Yesus

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Patung Hati Kudus Yesus di kompleks Bandar Udara Mopah Merauke, Papua. Patung itu mempunyai tinggi sekitar 17 meter. Foto: Antara

Pemerintah Provinsi Papua melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang akhirnya menghentikan proyek pembangunan ikon pariwisata baru berupa Patung Yesus setinggi 33,3 meter di luas tanah dua hektare di Pantai Base-G, Distrik Jayapura Utara, Kota Jayapura.

Girius One Yoman Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Papua, di Jayapura, Sabtu (12/1/2019), mengatakan penghentian proyek tersebut dikarenakan permasalahan hak ulayat (tanah bersama para warga masyarakat hukum adat, red) di lokasi pembangunan yang tidak kunjung selesai.

“Bukan salah pemerintah, tapi selalu ada pemalangan sehingga kami memutuskan untuk berhenti dan nampaknya (ikon patung) tidak bisa turut menyemarakkan pelaksanaan PON XX pada 2020 di Papua sebagai salah satu tempat wisata,” katanya dilansir Antara.

Menurut Girius, pemerintah daerah tinggal membangun, permasalahannya ada pada masyarakat setempat yang saling klaim soal hak ulayat di kawasan tersebut.

“Masalah pembebasan lahan di lokasi pembangunan patung Yesus sudah dibayarkan kepada pemilik hak ulayat, namun, masih ada pihak lain yang komplain,” ujarnya.

Dia menjelaskan awalnya ikon pariwisata baru berupa Patung Yesus ini akan dibangun sebagai tempat wisata bagi kontingen PON XX yang hendak berwisata. Sehingga juga dapat menambah pemasukan bagi Pendapatan Asli Daerah (PAD) setempat.

“Anggaran pembebasan lahan tidak lagi dianggarkan pada 2019 sehingga akhirnya proyek pembangunannya dihentikan,” katanya.

Rencananya materi dari Patung Yesus ini akan dipesan dari luar Papua. Dinas PU telah melakukan kajian terhadap semua Patung Yesus yang ada di dunia, seperti di Brazil, Timor Leste dan Spanyol.

Jika pembangunan kawasan ini selesai, diharapkan ada pelataran atau halaman yang dapat digunakan sebagai tempat Kebaktian Kebangunan Rohani. Para wisatawan bisa datang ke Pantai Base-G, sekaligus juga berwisata rohani.(ant/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
26o
Kurs