Sabtu, 27 April 2024

Parade Teater Jawa Timur Ruang Asah Keterampilan

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Sebuah pementasan teater di Kota Surabaya yang dimainkan di gedung Cak Durasim kompleks TBJ. Foto: Totok/Dok. suarasurabaya.net

Beberapa kelompok teater asal sejumlah kota di Jawa Timur, dijadwalkan bakal tampil memainkan lakon-lakon teater sebagai bagian ruang kreatvitas sekaligus mengasah keterampilan di Parade Teater Jawa Timur, Jumat (27/9/2019) malam di Gedung Cak Durasim.

Sejumlah kelompok teater, seperti Teater Tobong Surabaya, Teater Extra Gresik, Pengecer Jasa Ide Kreatif Lumajang, Teater HMPT Surabaya, Rumah Seni Lalonget Sumenep, Abi ML dan Dayu Prisma Project Banyuwangi dipastikan bakal tampil mulai Jumat (27/9/2019) dan Sabtu (28/9/2019).

Dari catatan panitia, pada Jumat (27/9/2019) dijadwalkan tampil Tetater Tobong Surabaya membawakan lakon Kerebritis, Pengecer Jasa Ide Kreatif Lumajang memainkan lakon Buto, dan Teater Extra Gresik memainkan Grafito.

Pada Sabtu (28/9/2019) ada Teater HMPT Surabaya yang memainkan naskah lakon Malam Bertambah Malam, Rumah Seni Lalonget Sumenep tampilkan lakon Retorika Kerinduan, lakon Xati/Xuicide bakal dimainkan Abi ML dan Dayu Prisma Project Banyuwangi.

Pertunjukan yang dijadwalkan dimulai pukul 19.00 itu gratis untuk umum dan masyarakat boleh hadir untuk menyaksikan seluruh penampilan kelompok teater dari beberapa kota di Jawa Timur dan Madura itu.

Zainuri pemain teater menyampaikan bahwa kegiatan semacam Parade Teater Jawa Timur sangat dibutuhkan bagi anak-anak muda atau pemain tetaer pemula sebagai sarana untuk belajar sekaligus berekspresi tentang seni teater.

“Mereka yang belajar teater bisa menjadikan kegiatan seperti Parade Teater Jawa Timur ini sarana untuk belajar, sarana ekspresikan diri, berlatih dan membekali diri bagaimana tampil di hadapan penonton. Kegiatan seperti ini sangat dibutuhkan sebagai sarana pembelajaran,” ujar Zainuri.

Parade Teater Jawa Timur secara berkala digelar di Gedung Cak Durasim kompleks Taman Budaya Jawa Timur untuk memberikan kesempatan kelompok-kelompok teater menampilkan karya-karyanya dan diapresiasi langsung oleh masyarakat yang hadir menyaksikan pementasan tersebut.(tok/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
29o
Kurs