Minggu, 28 April 2024

Pasca Kecelakaan, Boeing Selesaikan Pembaruan Pesawat 737 Max

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Sebuah segel terlihat di pesawat Boeing 737 Max 8 milik Garuda Indonesia yang terparkir di Garuda Maintenance Facility AeroAsia di Bandara Internasional Soekarno-Hatta dekat Jakarta, Indonesia, Rabu (13/3/2019). Foto: Reuters

Boeing mengatakan pihaknya sedang menyelesaikan pembaruan perangkat lunak dan revisi pelatihan pilot, terkait dengan MCAS (Maneuvering Characteristics Augmentation System) di pesawat 737 Max. Ini dilakukan menyusul dua kecelakaan udara mematikan dalam waktu kurang dari lima bulan.

“Boeing sedang menyelesaikan pembaruan perangkat lunak dan revisi pelatihan pilot, terkait sistem kontrol penerbangan MCAS dan melatih pilot merespon sensor yang salah,” kata Dennis Muilenburg, presiden dan CEO Boeing dilansir Antara, Senin (18/3/2019).

Pengumuman Muilenburg datang setelah Dagmawit Moges Menteri Transportasi Ethiopia mengatakan kecelakaan penerbangan pesawat Ethiopian Airlines memiliki “kesamaan yang jelas” dengan kecelakaan Lion Air di Indonesia pada Oktober yang menewaskan 189 orang di dalamnya. Kedua pesawat yang hancur adalah Boeing 737 Max 8.

MCAS sendiri adalah fitur keselamatan otomatis pada 737 Max yang dirancang untuk mencegah pesawat mengalami stall atau kehilangan daya angkat. Beberapa pilot mengeluh tentang situasi hidung-turun (nose-down) yang tidak disengaja saat menerbangkan jet Max 8, menurut database federal AS.

Ada larangan global terhadap penerbangan Boeing 737 Max setelah kecelakaan Ethiopian Airlines. Amerika Serikat telah melarang terbang semua 737 Max 8 dan 9 pada Rabu (13/3/2019) lalu.(ant/tin/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
30o
Kurs