Sabtu, 27 April 2024

Pelatihan Bisindo, Upaya Bangun Inklusivitas di Surabaya

Laporan oleh Agung Hari Baskoro
Bagikan
Renjana Inclusive menggelar pelatihan Bahasa Isyarat Indonesia (Bisindo) di Multifunction Room BG Junction Mall, Surabaya pada Minggu (8/9/2019). Pelatihan ini merupakan kerjasama dengan Komunitas Arek Tuli (Kartu). Foto: Baskoro suarasurabaya.net

Renjana Inclusive bekerjasama dengan Komunitas Arek Tuli (Kartu) menggelar pelatihan Bahasa Isyarat Indonesia (Bisindo) di Multifunction Room BG Junction Mall, Surabaya pada Minggu (8/9/2019).

Billy Purwo Caroko Director Renjana Inclusive mengatakan, kelas ini sengaja diadakan secara berkala untuk membangun inklusivitas di kota Surabaya.

“Jadi untuk Surabaya, tren belajar Bisindo naik. Meskipun kalau dibanding Jogjakarta dan Jakarta belum. Tapi di Surabaya trennya mulai naik. Impact-nya (dampak) banyak anak-anak muda, kita bisa memahami kalau kita gak boleh sebut tuna rungu, tapi tuli, dan sebagainya,” kata Billy di lokasi pada Minggu (8/9/2019).

Awareeness itu sudah ada. Sisanya di kelas kita, lebih menekankan berkomunikasi dengan cara tuli, jadi dengan cara budaya-budaya mereka juga,” lanjutnya.

Kelas Bisindo sendiri dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama dikhususkan bagi para teman dengar yang sebelumnya pernah kelas Bisindo. Sedangkan sesi kedua dikhususkan bagi para teman dengar yang baru pertama belajar bahasa isyarat. Di kelas ini, mereka dilatih langsung oleh teman tuli dari Kartu. Kelas diawali dengan belajar bahasa isyarat huruf A-Z.

Billy mengatakan, hal terpenting untuk membangun inklusivitas di Surabaya adalah keterbukaan. Baginya, jika keterbukaan sudah terbangun, maka hal-hal lain seperti infrastruktur akan mengikuti.

Selain menggelar kelas Bisindo, Renjana Inclusive juga fokus pada isu disabilitas lain. Seperti menggelar kelas menulis untuk teman tuli dan pengembangan buku digital serta bioskop bisik untuk teman netra.

“Kita di Renjana sadar penuh. Kita memegang prinsip. Prinsip pertama itu, kesetaraan. Kalau kita bisa kuliah. Bisa ngobrol sama orang, temen-teman tuli juga bisa. Kedua, saya yang non disabilitas itu bisa jadi disabilitas di kemudian hari. Kita pengen membekali diri sendiri juga. Sehingga kita siap, tidak depresi dan bunuh diri,” pungkasnya. (bas/tin/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Sabtu, 27 April 2024
Kurs