Kamis, 2 Mei 2024

Pelatihan TIK Kerjasama Kominfo dan PENS Resmi Berakhir

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Peserta pelatihan TIK kerjasama PENS dan Kominfo untuk lulusan SMK berakhir. Foto: Humas PENS

Program Vocational School Graduate Academy (VSGA) kerjasama Kominfo dan Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS), dalam pelatihan Teknologi Informatika dan Komunikasi, berakhir, Rabu (31/7/2019).

Program VSGA adalah program pelatihan gratis di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang diikuti sejumlah peserta lulusan SMK yang belum bekerja atau belum punya pekerjaan tetap.

Edi Satriyanto, M.Si, Wakil Direktur Bidang Kerjasama dan Informasi PENS menyampaikan bahwa target pelatihan kali ini adalah untuk meningkatkan keterampilan sekaligus kompetensi skill agar peserta memiliki daya jual di pasar global.

“Dari pelatihan ini diharapkan peserta mampu meningkatkan kompetensi skill agar memiliki daya jual tinggi serta mampu membangun produk-produk inovasi dan mampu bersaing di era global. Juga agar peserta nantinya mampu membangun industri baru dan bisa mengurangi pengangguran,” terang Edi Satriyanto.

VSGA merupakan program beasiswa pelatihan intensif, yang dalam pelaksanaannya tidak dipungut biaya. PENS dalam hal ini berperan sebagai penyedia sarana dan prasarana, penyedia instruktur pelatihan, dan penyusun skema pelatihan.

Penutupan VSGA di PENS ini merupakan bagian dari Digital Talent Schollarship (DTS) 2019 yang berlangsung selama satu bulan, mulai 1 Juli hingga 31 Juli 2019. Kegiatan DTS 2019 bertujuan mencetak sumber daya manusia di bidang teknologi, informasi, dan digital.

Pada kesempatan pelaksanaan DTS 2019 ini juga diajarkan beberapa materi diantaranya profesional skill development, komposisi teknik layer 3 dimensi (3D Compositor) dan kewirausahaan digital.

Dari 350 peserta yang mengikuti pelatihan terbagi dalam beberapa bidang, yaitu 150 orang untuk Junior Network Administrator, 50 orang untuk Junior Graphic Designer, 50 orang untuk Intermediate Animator, dan 100 orang untuk Junior Mobile Programmer.

Di akhir pelatihan, para peserta mengikuti sertifikasi kompetensi oleh (Lembaga Sertifikasi Kompetensi) LSP yang berbasis SKKNI.

Penyelenggaraan program VSG meliputi kegiatan pelatihan tatap muka (offline), kelas pendamping atau add on, uji kompetensi dan sertifikasi. Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerjasama dengan 23 politeknik negeri yang tersebar di seluruh Indonesia, termasuk PENS dan LSP.

Penutupan DTS 2019, Rabu (31/7/2019) dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Timur, Direktur Politeknik Negeri Malang, dan Direktur Politeknik Negeri Jember.(tok/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
27o
Kurs