Jumat, 19 April 2024

Pembangunan Kereta Gantung di Kenjeran Dimulai Juli

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Ilustrasi. Cable Car atau kereta gantung.

Pembangunan Cable Car atau kereta gantung di kawasan wisata Kenjeran dimulai awal Juli 2019. Jalur Cable Car yang akan dibangun nantinya sepanjang 725 meter dengan 20 unit kereta gantung di kawasan wisata pesisir utara pantai Kenjeran tersebut.

Adi Gunita Kasubbid Transportasi Sumber Daya Air dan Utilitas Bappeko Pemkot Surabaya mengatakan, tim proyek saat ini tengah melakukan proses pembelian alat dan beberapa bahan yang dibutuhkan untuk pembangunan Cable Car.

“Sekarang persiapan mobilisasi pembelian alat-alatnya,” katanya, Minggu (30/6/2019).

Adi Gunita mengatakan, dalam perencanaan kereta gantung berkapasitas maksimal enam orang tersebut dijalankan oleh operator dengan kecepatan maksimal 3,8 meter/detik. Jalur kereta gantung nantinya membentang melintasi Jalan Tambak Wedi hingga Jembatan Suroboyo.

“Nanti Cable Car ini kami didatangkan dari Tiongkok. Dengan anggaran sebanyak Rp 40,2 Miliar. Mudah-mudahan bisa selesai akhir Oktober, paling molor ya bisa awal November untuk pengerjaannya,” jelasnya.

Sebelumnya Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya mengatakan, nantinya kawasan wisata pesisir utara Kenjeran ini akan ditambah sarana wisata baru Cable Car. Selain menambah Cable Car, Pemkot Surabaya juga berencana akan membangun jembatan penyebrangan orang (JPO) yang terhubung dengan Sentra Ikan Bulak (SIB) dengan Taman Suroboyo.

“Patung Suroboyo kan sudah kelar, ini kita bangun Cable Car. Jadi panjang mulai dari lapangan tembak terus sampai sini (taman suroboyo). November nanti insyaallah ada Cable Car,” kata Risma saat itu. (bid/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
30o
Kurs