Rabu, 24 April 2024

Pembangunan Underpass Bundaran Satelit Masih Sebabkan Kemacetan

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
llustrasi rekayasa lalu lintas terkait penyempitan jalan akibat pembangunan "underpass" di Jalan Mayjen Sungkono, Kota Surabaya. Foto: Istimewa

Dinas Perhubungan Kota Surabaya melakukan langkah-langkah guna mengurai kemacetan lalu lintas di Bundaran Satelit Jalan Mayjen Sungkono ke arah Jalan HR. Muhamamad dampak dari pembangunan underpass atau jalan bawah tanah di kawasan tersebut.

“Kami berharap masyarakat bersabar dan mencari jalan alternatif yang lainnya. Jika pengendara dari barat dan tujuannya ke wilayah Timur, bisa melewati Wiyung, Gunung Sari, sedangkan dari sisi utara bisa mengunakan akses jalan Banyu Urip dan Tandes,” kata Irvan Wahyudrajad Kepala Dinas Perhubungan Kota Surabaya, di Surabaya, Jumat (18/1/2019).

Menurut dia, ada penyempitan di Jalan Mayjen Sungkono akibat pembangunan underpass sehingga menyebabkan kepadatan kendaraan di kawasan tersebut beberapa hari terakhir ini.

Penyempitan lajur dari Bundaran Satelit arah Jalan Mayjen Sungkono berawal karena empat lajur menjadi satu lajur. Sedangkan Jalan Dukuh Kupang awalnya dua arah menjadi satu arah.

Menurut dia, untuk menguarai kemacetan dijalan Bundaran Satelit, sementara ini, pihaknya sudah berkoordinasi dengan kepolisian untuk mengatur para pengendara yang melintas agar tidak terjadi penumpukan kendaraan.

“Memang proses pembangunan ini berat bagi masyarakat yang lewat. Tapi dalam waktu dekat akan selesai dikerjakan. Rapat terakhir dengan rekanan dan Bappeko pada Februari ‘underpass’ selesai,” katanya dilansir Antara.

Untuk itu, lanjut dia, pihaknya memasang papan himbauan di beberapa kawasan, seperti di Babatan-Unesa, Jalan Dr. Soetomo dan lainnya.

“Penyempitan jalan itu yang membuat kepadatan lalu lintas pada jam sibuk, tapi sudah kami pasang papan imbaun agar masyarakat mengerti,” ujarnya.

Bahkan, lanjut dia, jalan underpass tersebut nantinya bisa langsung digunakan setelah pembangunannya tuntas pada Februari mendatang. Nantinya di underpass kata dia, Dishub tidak memasang traffict light dari arah Barat ke Timur.

“Ini diharapkan nantinya bisa mengurangi kepadatan lalulintas,” katanya.(ant/tin/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
28o
Kurs