Kamis, 25 April 2024

Pembuat Soal Ujian Bermuatan Khilafah di Kediri Hanya Copy Paste Buku Pegangan Guru

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Kanwil Kemenag Jatim saat menggelar konferensi pers pada Kamis (5/12/2019) di Kantor Kanwil Kemenag Jatim. Foto: Abidin suarasurabaya.net

Pembuatan soal ujian penilaian akhir semester (PAS) mata pelajaran Fiqih kelas XII di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kediri yang ditemukan membahas tentang khilafah, ternyata tidak melalui telaah dan pengawasan.

Akhmad Sruji Bahtiar Kabid Pendidikan dan Madrasah Kanwil Kemenag Jatim, Kamis (5/12/2019) di Kantor Kanwil Kemenag Jatim, menjelaskan kronologi dari hasil investigasi yang dilakukan pihaknya.

“Kronologisnya, bahwa pembuatan soal ini berdasarkan kesepakatan 10 Kepala Madrasah yang ada di wilker (wilayah kerja) Kediri Utara, Kepala Madrasah kemudian memerintahkan Waka Kurikulum untuk menunjuk siapa yang pantas, siapa yang layak yang punya kompetensi untuk penyusunan soal,” kata Akhmad.

“Kemudian nama (pembuat soal) itu diberikan kepada kepala madrasah dan kepala madrasah menugaskan untuk membuat soal, ada kesepakatan yang tidak tertulis dalam konvensi ada yang akan menelaah bahwa siapa yang ditunjuk menjadi sekretariat itu adalah yang berkewajiban untuk melakukan telaah terhadap soal yang dibuat oleh pembuat soal,” imbuhnya.

Tapi kata Akhmad, empat orang yang ditunjuk melakukan telaah, justru tidak melakukan tugasnya. Sehingga, soal tersebut langsung naik cetak tanpa diperiksa lebih lanjut.

“Tetapi pada kenyataannya ternyata empat yang ditunjuk sebagai sekretariat ujian tidak melakukan telaah, terkait dengan soal-soal sehingga soal ini langsung naik cetak kemudian langsung diujikan. Artinya bahwa proses-proses untuk pematangan daripada soal ini tidak dilakukan,” kata Akhmad.

Akhmad menyebut, penyusun soal juga mengakui kalau hanya copy paste soal dari buku pegangan guru. Karena, bab mengenai khilafah ini tidak diajarkan kepada murid.

“Soal ini dibuat langsung oleh penyusun dan naik kepada percetakan, ternyata yang dibuat oleh penyusun fiqih ini hanya copy paste dari buku pegangan guru,” lanjutnya.

“Karena setelah kami pelajari ternyata soal-soal itu tidak ada di materi pelajaran setelah tadi malam kemudian kita coba lakukan investigasi, ternyata soal-soal ini soal-soal jadi yang ada di buku pedoman guru,” pungkas Akhmad.

Sebelumnya, soal-soal tersebut diujikan pada Rabu (4/12/2019) di beberapa MAN di Kediri. Ada beberapa soal yang memang membahas tentang khilafah. Misalnya saja tentang tujuan dibentuknya khilafah, dalil penerapan khilafah, hingga dasar dibentuknya khilafah. (bid/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
27o
Kurs