Minggu, 5 Mei 2024

Pembuatan Paspor Haji di Kantor Imigrasi Surabaya Capai 65 Persen

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Penyerahan simbolis paspor haji di kantor imigrasi Klas I Surabaya. Foto: Istimewa

Pembuatan paspor untuk jamaah calon haji tahun 2019 di Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus Surabaya sudah mencapai 65 persen. Sebagian besar paspor yang sudah jadi telah diserahkan ke pihak Kementerian Agama serta sisanya akan segera diselesaikan di April.

Barlian Kepala Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus Surabaya, di Sidoarjo, Kamis (4/4/2019) mengatakan, jumlah pemohon paspor haji tahun 2019 di Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus Surabaya sebanyak 6.991 orang.

“Dari hampir 7 ribu jumlah pemohon paspor itu sudah diselesaikan sekitar 3.500 paspor atau sudah selesai 65 persen,” katanya di sela penyerahan simbolis paspor yang sudah jadi di Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus Surabaya di Jalan Raya Juanda Kabupaten Sidoarjo.

Di antara paspor yang sudah selesai itu, kata dia, sebanyak 3.149 di antaranya sudah diserahkan ke pihak Kementerian Agama dan sisanya diharapkan sudah bisa diselesaikan di bulan April ini.

“Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus Surabaya melayani pembuatan paspor untuk calon jamaah haji dari Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo, Kota Mojokerto dan Kabupaten Mojokerto,” katanya dilansir Antara.

Menurutnya, kendala yang dihadapi untuk paspor dalam proses penyelesaian adalah menunggu hasil dari biometric matching system yang belum keluar. Ini dikarenakan tahun ini calon jamaah haji harus melakukan biometric sebagai syarat keluarnya visa untuk menjalankan ibadah haji.

“Yang bikin agak lama memang proses verifikasi data perorangan, kalau itu sudah selesai, mudah-mudahan tidak ada masalah laminasi ataupun listrik mati dan sebagainya maka segera dicetak dengan cepat,” katanya.

Ia menjelaskan, verifikasi data perorangan dilakukan untuk mencegah terjadinya duplikasi paspor.

“Atau juga hal-hal lain seperti orang yang masuk dalam daftar cegah tangkal, atau mereka yang sudah punya paspor dan masih berlaku, atau sudah punya paspor tapi sudah tidak berlaku dan saat proses tidak dibawa,” ujarnya.(ant/tin/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
31o
Kurs