Senin, 29 April 2024

Pemindahan Utilitas di Bawah Jalan Yos Sudarso Ditarget Seminggu Selesai

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Tim proyek basemen alun-alun Surabaya menganalisa utilitas di Jalan Yos Sudarso Surabaya. Foto: Istimewa

Pemerintah (Pemkot) Kota Surabaya memastikan akan melanjutkan tahap pemindahan jaringan utilitas di bawah jalan Yos Sudarso sebagai lanjutan proyek basemen alun alun Surabaya. Pemindahan utilitas itu melibatkan pihak terkait yang mempunyai jaringan di bawah Jalan tersebut.

Harindrayana Kepala Seksi Perencanaan Bidang Bangunan dan Gedung, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, Cipta Karya dan Tata Ruang (DPRKP – CKTR) Surabaya mengatakan, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan pihak terkait, berkaitan dengan rencana pemindahan jaringan utilitas untuk pengerjaan basemen alun-alun Surabaya.

Harindrayana mengatakan, pemindahan semua jaringan utilitas di bawah Jalan Yos Sudarso ditarget rampung dalam satu minggu ke depan. Saat ini, Pemkot Surabaya bersama pihak terkait sedang menyiapkan solusi terbaik untuk rencana pemindahan jaringan utilitas tersebut.

“Kita masih lihat dulu, kalau panjangnya mencukupi akan langsung kita geser, tapi kalau tidak mencukupi maka kita potong dan disambung lagi untuk digeser,” katanya, Rabu (17/7/2019).

Hasil analisa tim proyek, jalur pedestrian sisi Timur Jalan Yos Sudarso ditemukan beberapa jaringan utilitas. Yakni, jaringan PLN, Kominfo dan beberapa provider. Sementara di tengah Jalan Yos Sudarso, terdapat pipa PDAM diameter 80 cm dan pipa PGN diameter 15 cm.

“Kami libatkan semua provider yang terkait untuk mengatasi utilitas ini. Kami juga berkoordinasi dengan Satlantas Polrestabes Surabaya berkaitan dengan rekayasa lalu lintas nantinya, Kejaksaan, Polsek Genteng, dan Satpol PP,” katanya.

Sekadar diketahui, bila pembangunan basemen di Yos Sudarso dimulai, Dishub Surabaya akan melakukan rekayasa lalu lintas. Bagi pengendara dari Jalan Tunjungan akan dialihkan ke arah Jalan Simpang Dukuh.

Sementara, dari Jalan Kusuma Bangsa atau Jalan Sumatera dialihkan ke Jalan Plaza Boulevard. Sedangkan arus Jalan Ketabang Kali akan dibalik arahnya. (bid/dwi/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
26o
Kurs