Senin, 27 Mei 2024

Pemudik Kapal Tak Perlu Risau, Ada Bus Gratis di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Suasana arus mudik di Terminal Gapura Surya Nusantara (GSN) Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Foto: Istimewa

Pergerakan arus mudik di Terminal Gapura Surya Nusantara (GSN) Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya mulai tampak. Sejak H-15 hingga H-7 lebaran atau Rabu (29/5/2019) kemarin, setidaknya sudah ada 47.926 orang pemudik dengan rincian 36.422 orang turun dan 11.504 orang naik kapal.

Wilis Aji Wiranata VP Corporate Communication PT Pelindo III mengatakan, ribuan Pemudik itu rata-rata datang dari Banjarmasin, Sampit, Kumai, dan Makasar. Hampir setiap hari ada kapal pengangkut pemudik sandar di Pelabuhan Tanjung Perak hingga pada puncaknya nanti di H-1 Lebaran.

Wilis mengatakan, bagi penumpang kapal yang turun di GSN tidak perlu risau untuk memilih armada berikutnya. Karena PT Pelindo III telah menyiapkan 28 ribu tiket bus gratis dengan tujuan Jember, Madiun, Trenggalek, Blitar, Cepu, dan Sumenep.

“Begitu ada kapal turun, para penumpang langsung didata petugas untuk menentukan bus tujuan yang dipilih. Setiap harinya telah disiagakan 20 hingga 30 bus untuk melayani pemudik,” kata Wilis kepada suarasurabaya.net, Kamis (30/5/2019).

Selain melayani bus gratis di Pelabuhan Tanjung Petak, Pelindo III juga melayani bus gratis di Pelabuhan Tanjung Mas Semarang dengan tujuan Yogyakarta, Rembang, Wonosobo, Purworejo, Solo, Purwodadi, dan Tegal.

Wilis mengimbau kepada para pemudik agar tidak membawa barang berlebihan. Selain itu siapkan fisik dengan baik dan jangan segan untuk memeriksakan kesehatan di Posko Lebaran yang berada di halaman Terminal GSN.

“Posko gabungan semua unsur maritim di halaman GSN. Kalau ada penumpang membutuhkan bantuan, segera ke posko ada layanan kesehatan,” katanya. (bid/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Senin, 27 Mei 2024
25o
Kurs