Kamis, 25 April 2024

Penumpang Libur Nataru 2020 Diperkirakan Mencapai 4 Juta Orang

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Ilustrasi. Suasana calon penumpang pesawat di Bandara Internasional Juanda Surabaya. Foto: Dok. suarasurabaya.net

Dinas Perhubungan Jawa Timur memprediksi jumlah penumpang pada libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2020 mencapai 3-4 juta orang. Meningkat 5 persen dari sebelumnya.

Fattah Jasin Kepala Dishub Jawa Timur mengatakan, penyebaran penumpang akan terjadi di seluruh moda transportasi yang ada baik bus, kereta api, kapal laut, serta di enam bandara di Jawa Timur.

Kementerian Perhubungan RI, kata Fattah, sudah menginstruksikan kepada semua jajaran dinas perhubungan dan instansi terkait untuk melakukan antisipasi lonjakan penumpang pada Nataru 2020.

“Kemenhub memang sudah meminta kami untuk mempersiapkan antisipasi terhadap kurang lebih 5-10 persen target penambahan penumpang,” katanya di Kantor Gubernur, Jumat (13/12/2019).

Dari empat moda transportasi yang ada, Dishub Jatim memprediksi, bus dan kereta api tetap yang paling favorit. Kapal laut dan pesawat, prediksinya, tidak sebanyak penumpang dua moda transportasi di atas.

Fattah mengatakan, dia bahkan memperkirakan penumpang pesawat akan mengalami penurunan okupansi. Meski demikian, Dishub sudah meminta maskapai mengantisipasi lonjakan penumpang.

“Maskapai akan tetap menyediakan extra-flight untuk mengantisipasi lonjakan penumpang Libur Natal dan Tahun Baru,” katanya.

Sementara itu soal pembatasan larangan angkutan barang pada libur Nataru, Fattah bilang, Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) yang secara spesifik mengatur itu belum keluar.

“Tetapi informasinya, pembatasan sudah dimulai 20 Desember. Mulai pukul 00.00 WIB sampai 21 Desember tengah malam. Periode kedua mulai 30 Desember pukul 00.00 WIB sampai 31 Desember,” katanya.

Pembatasan ini diterapkan di sejumlah ruas jalan nasional. Antara lain Mojokerto-Madiun, Probolinggo-Banyuwangi, juga Pandaan-Malang. “Kecuali untuk truk ekspor-impor, sembako, ternak, dan air dalam kemasan.”(den/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
28o
Kurs