Jumat, 19 April 2024

Peraih Adinegoro 2019 Bagi Ilmu di Stikosa AWS

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Enny Nuraheni wartawan foto yang juga kepala kantor berita foto Reuters untuk Indonesia menjadi pendamping pelatihan jurnalistik foto di kampus Stikosa AWS dalam rangka HPN 2019. Foto: Totok suarasurabaya.net

Sejumlah wartawan peraih penghargaan Adinegoro 2019, mendatangi Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Massa (Stikosa) AWS (Almamater Wartawan Surabaya), untuk berbagi ilmu kewartawan sekaligus berbagi tips membuat karya jurnalistik. Kegiatan dalam rangkaian HPN 2019.

Enny Nuraheni wartawan foto yang juga mantan kepala kantor berita foto Reuters untuk Indonesia memberikan tips-tips membuat foto jurnalistik serta bagaimana menjadi wartawan foto yang profesional kepada peserta pelatihan yang hadir.

“Menjadi wartawan foto adalah profesi yang tidak mudah. Selain dibutuhkan kesiapan selama 24 jam, pengetahuan serta etika perlu dipahami agar mampu menjadi seorang wartawan khususnya wartawan foto yang profesional,” terang Enny yang juga menjadi juri Adinegoro 2019 untuk kategori foto.

Peserta yang diantaranya adalah kalangan mahasiswa serta pelajar di Surabaya, juga menerima materi dan kiat-kiat fotografi jurnalistik dari Demetrius Wisnu Widiantoro wartawan foto koran harian Kompas yang juga penerima Adinegoro 2019 kategori foto jurnalistik.

Menurut Wisnu, setiap kaki melangkah, jika difoto bisa menjadi sebuah karya jurnalistik jika memang sudah memenuhi kaidah-kaidah fotografi. “Oleh karena itu tidak ada alasan tidak menghasilkan foto bagi seorang wartawan foto,” ujar Wisnu.


Errol Jonathans juri Adinegoro kategori Radio bersama Benny Hermawan peraih Adinegoro 2019 kategori Radio berbagai ilmu keradioan di kampus Stikosa AWS. Foto: Totok suarasurabaya.net

Di ruang lain, Benny Hermawan reporter Radio Republik Indonesia (RRI) Surabaya sebagai peraih Adinegoro 2019 untuk kategori Radio didampingi Errol Jonathans juri Adinegoro 2019 kategori radio bercerita tentang proses kreatif di radio.

“Benny dengan segala keingintahuannya akhirnya memutuskan untuk melakukan peliputan atau reportase terkait dengan orang-orang penderita gangguan jiwa dalam hubungannya dengan hak sebagai pemilih pada Pemilu. Karya ini tidak biasa, dan layak menjadi juara,” jelas Errol Jonathans.

Di ruang lain masih di kampus Stikosa AWS, peraih Adinegoro kategori Karikatur juga memberikan pelatihan terkait proses kreatif membuat kartun seperti yang dikerjakan Wahyu Kokkang penerima anugerah Adinegoro 2019.

Sementara itu, Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia, Jumat (8/2/2019) melaksanakan kegiatan bakti sosial yang dipusatkan di kantor Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur. Kegiatan membagikan bingkisan kepada lansia ini juga menjadi bagian dari peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2019 yang dipusatkan di Jawa Timur.

Kegiatan bakti sosial yang dihadiri Heru Cahyono Sekdaprov Jawa Timur bersama Sukesih Kepala Dinas Sosial Jawa Timur tersebut merupakan bagian dari sederet kegiatan sosial lainnya yang sudah digelar Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia di beberapa kota lain di Jawa Timur.(tok/dwi/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
29o
Kurs