Kamis, 25 April 2024

Perairan Jatim Berpotensi Gelombang Tinggi Hingga 5 Meter

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Ilustrasi. Grafis: suarasurabaya.net

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat akan potensi gelombang tinggi hingga 5 meter di wilayah perairan Jawa Timur mulai tanggal 18-21 Maret 2019.

Berdasarkan keterangan tertulis dari BMKG, gelombang setinggi 3-5 meter itu berpeluang terjadi di Samudera Hindia Selatan Jawa hingga NTB. Sedangkan gelombang setinggi 2,5-4 meter berpeluang terjadi di Laut Jawa bagian timur, Perairan Kepulauan Kangean dan Perairan selatan Jawa Timur.

Begitu juga di perairan Kepulauan Masalembu, Perairan Pulau Bawean dan Perairan utara Jawa Timur berpotensi gelobang tinggi 1,3-2,5 meter.

Untuk itu, BMKG mengimbau kepada nelayan baik yang menggunakan perahu, kapal tongkang, kapal ferry, kapak kargo maupun kapal pesiar, untuk mewaspadai ancaman gelombang tinggi ini. Hal sama juga diperuntukkan untuk masyarakat yang beraktifitas di sekitar pesisir pantai.

“Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi serta wilayah pelayaran padat seperti Laut Jawa agar tetap selalu waspada,” kata Taufiq Hermawan Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Perak Surabaya, Senin (18/3/2019).(tin/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
28o
Kurs