Jumat, 19 April 2024

Peran Penting Platform Digital DSS Dalam Program SMA Double Track di Jatim

Laporan oleh Agung Hari Baskoro
Bagikan
Fajar Baskoro Tim IT program SMA/MA Double Track di Jatim Expo, Surabaya pada Jumat (27/12/2019) siang. Foto: Baskoro suarasurabaya.net

Program SMA Double Track atau program pelatihan keterampilan khusus bagi siswa SMA di Jawa Timur sudah berjalan selama dua tahun sejak dimulai pada 2018 lalu. Dalam pelaksanaannya, Dinas Pendidikan Jawa Timur bekerjasama dengan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) untuk membangun sistem IT bernama Doubletrack Support System (DSS).

DSS adalah platform digital yang memfasilitasi siswa untuk melakukan kegiatan ekstrakurikuler berupa pelatihan secara terprogram, terkontrol, dan dikelola secara elektronik.

Fajar Baskoro Tim IT program SMA/MA Double Track dari ITS mengatakan, melalui platform ini, siswa bisa memiliki sertifikat dan portfolio dari bakat dan kegiatan yang dilakukannya selama menempuh pendidikan.

Ada lima aplikasi dalam plaftorm DSS. Kelimanya memiliki kegunaan berbeda yang bisa dimanfaatkan sekolah dan siswa peserta SMA Double Track. Pertama, admindt.net. Aplikasi ini berfungsi sebagai pengelolaan data sekolah yang terdiri dari data siswa peserta program, absen, dan aktivitas pelatihan beserta bukti foto.

Kedua, ruangtraining.net. Aplikasi ini adalah portal pelatihan bagi para siswa dengan berbagai pilihan pengembangan diri. Dalam aplikasi ini, ada beragam modul cetak, video tutorialm dan informasi tempat pelatihan yang ada di Jawa Timur. Siswa yang telah lulus tapi masih bingung dengan kemampuannya, masih memiliki kesempatan mengupdate kemampuannya melalui upskilling atau mengikuti pelatihan baru.

“Program DT adalah bagaimana membekali siswa dengan keterampilan melalui mekanisme kegiatan ekstrakurikuler agar siap kerja atau wirausaha,” kata Fajar.

Ketiga, ruangujian.net. Aplikasi ini menungkinkan siswa melakukan ujian sertifikasi berbasis Computer Based Training (CBT) untuk mengetahui level kompetensi calon tenaga kerja yang telah mengikuti pelatihan. Keempat, ruangkarir.net. Aplikasi ini menampung informasi karir, pembuatan CV digital, resume, dan portfolio. Pada aplikasi ini, perusahaan juga bisa mengiklankan lowongan pekerjaan yang tersedia.

Terakhir, ruangdagang.net. Aplikasi ini mewadahi siswa yang tertarik di bidang usaha atau entrepreneurship. Produk-produk hasil kreativitas siswa bisa dipamerkan dan diperjualbelikan di platform ini.

“Di ruang dagang, masing-masing sekolah sudah mengirim, upload produknya. Tapi untuk yang sampai terjadi produknya, itu sepuluh persen. Mereka yang sudah bisa menjual produknya,” jelasnya.

Fajar mengatakan, pemanfaatan teknologi digital seperti DSS untuk program SMA DT sangat diperlukan. Melalui pengelolaan big data bakat dan keterampilan siswa, maka semua aspek bisa dilacak dengan baik. “Semua dilakukan secara traceable, baik kemampuan teknis maupun kemampuan digitalnya” jelasnya. (bas/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
29o
Kurs