Minggu, 28 April 2024

Peringati Hari Kartini, Seratus Perempuan Ikuti Pap Smear dan Periksa Payudara

Laporan oleh Agung Hari Baskoro
Bagikan
Pap-Smear (Uji kondisi serviks) dan pemeriksaan payudara gratis di Hotel Mercure, Surabaya pada Minggu (28/4/2019) pagi. Foto: Baskoro suarasurabaya.net

Sebanyak seratus perempuan dari berbagai wilayah di Kota Surabaya mengikuti pemeriksaan Pap Smear (uji kondisi serviks) dan payudara gratis di Hotel Mercure, Surabaya pada Minggu (28/4/2019) pagi. Acara yang digelar oleh Fatma Foundation dalam rangka memperingati Hari Kartini ini merupakan pemeriksaan gratis keenam dan telah melibatkan total hampir 539 perempuan.

Fatma Saifulah Yusuf Ketua Yayasan Fatma Foundation mengatakan, yayasannya memang fokus pada penyuluhan serta pemeriksaan serviks dan payudara karena melihat banyaknya kasus perempuan yang mengidap penyakit ini.

“Saya melihat di Indonesia dan Jawa Timur, perempuan yang terkena kanker itu banyak, salah satunya kanker serviks dan payudara. Ini terbanyak dialami perempuan. Ya dua penyakit ini. Saya merasa prihatin, karena 50 perempuan meninggal dalam satu hari karena kanjer serviks, (skala, red) nasional,” ujarnya ketika ditemui di Hotel Mercure, Surabaya pada Minggu (28/4/2019).

Ia mengaku akan semakim gencar dalam melakukan penyuluhan dan layanan pemeriksaan gratis serviks dan payudara agar masyarakat terutama generasi muda terhindar dari penyakit tersebut. Ia mengaku, setelah penyuluhan ini, yayasannya akan menggelar pemeriksaan di Rutan Medaeng pada awal mei mendatang.

“Ini penting untuk diketahui karena kankers serviks tidak hanya lewat hubungan seks saja, tapi faktor kebersihan, virus kan bisa dimana-mana, harus lebih hati-hati,” pungkasnya. (bas/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
30o
Kurs