Jumat, 26 April 2024

Pers Harus Beralih dari Jakartasentris ke Isu-Isu Daerah

Laporan oleh Agung Hari Baskoro
Bagikan
Yosep Stanley (paling kanan) Adi Prasetyo Ketua Dewan Pers berfoto bersama di Konvensi Nasional Media Massa di Hotel Sheraton, Surabaya pada Jumat (8/2/2019). Foto: Baskoro suarasurabaya.net

Yosep Stanley Adi Prasetyo Ketua Dewan Pers mengatakan, pers harus mulai beralih dari pemberitaan yang fokus pada Jakarta dan segala hingar bingarnya ke isu-isu yang ada di daerah. Menurut Stanley, wartawan dan perusahaan pers perlu mengembangkan potensi kedaerahan untuk mengembangkan perekonomian daerah.

“Sorot alat perekam, kamera, dan sebagainya harus mulai beralih dari hingar-bingar politisi di pusat, yang terlalu Jakartasentris, ke potensi-potensi yang ada di daerah,” ujar Stanley ketika memberi sambutan pada Konvensi Nasional Media Massa di Hotel Sheraton, Surabaya pada Jumat (8/2/2019).

Ia mengatakan, ada banyak hal yang perlu disorot oleh wartawan-wartawan yang ada di daerah, seperti potensi pariwisata, kuliner, dan UMKM. Ia menegaskan, apabila perkembangan ekonomi di daerah bisa berkembang dengan baik, maka otomatis hal ini akan berdampak pada pengembangan ekonomi media.

Sejalan dengan itu, Soekarwo Gubernur Jawa Timur mengatakan, pers memang sangat berperan besar dalam penyebaran informasi potensi yang dimiliki oleh Jawa Timur.

“Daerah seperti kami (Jawa Timur, red) sangat terbantu dengan adanya teman-teman pers,” ujarnya.

Sebagai informasi, Konvensi Nasional Media Massa ini merupakan bagian dari perayaan Hari Pers Nasional 2019 yang digelar oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur sebagai tuan rumah penyelenggara. (bas/tin/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
26o
Kurs