Jumat, 26 April 2024

Polisi Temukan Muatan Kayu Dari Truk yang Dirampok di Tol Romokalisari

Laporan oleh Anggi Widya Permani
Bagikan
Polisi menemukan muatan kayu dari truk yang dirampok di Tol Romokalisari, Surabaya, pada Rabu (23/10/2019) lalu. Foto: Istimewa

Polisi menemukan muatan kayu dari truk yang dirampok di Tol Romokalisari, Surabaya, pada Rabu (23/10/2019) lalu. Sebelumnya, truk yang juga dibawa kabur oleh komplotan perampok sudah ditemukan sekitar Jembatan Suramadu.

Iptu Bima Sakti Kanit Resmob Satreskrim Polrestabes Surabaya mengatakan, muatan kayu dan kendaraan truk ditemukan di tempat berbeda. Untuk muatan kayu tersebut ditemukan di area pemakaman Desa Karang Entang, Bangkalan, Madura.

“Kami menerima laporan dari warga terkait temuan kayu ini. Saat kami datangi ternyata benar kayu kamper yang kami cari,” kata Bima, Senin (4/11/2019).

Saat ditemukan, lanjut dia, kayu tersebut disembunyikan di antara pohon bambu dan ditutupi daun bambu. Warga sekitar lokasi pun sempat terkejut adanya tumpukan kayu kamper di lokasi tersebut.

Setelah diinterogasi, mereka mengaku tidak tahu siapa yang membawa dan menaruh kayu-kayu tersebut. “Memang sekilas tidak terlihat. Tapi ketika daun bambu kering ini kami singkirkan baru terlihat kayunya,” jelasnya.

Bima mengungkapkan, kayu tersebut ditemukan masih lengkap sesuai jumlah semula. Jumlah keseluruhan kayu ada 442 batang. Diduga, para pelaku menyembunyikannya sambil menunggu situasi aman.

Kemudian, mereka akan menjualnya. Muatan kayu tersebut dibawa petugas ke Mapolrestabes Surabaya sebagai barang bukti. Sedangkan pelakunya, polisi sudah berhasil mengantongi identitasnya dan masih berupaya mengejar mereka.

“Dugaannya seperti itu dan kemungkinan memang dibiarkan dulu. Sama seperti truk yang kami temukan sebelumnya,” ucapnya.

Sebelumnya, polisi menemukan truk yang dilaporkan hilang di sekitar Jembatan Suramadu, Sabtu (2/11/2019) malam. Truk bernopol DK 8369 QW ditemukan dalam kondisi kosong atau tanpa muatan kayu.

Kunci kendaraan juga tidak ada dan selang solar dalam keadaan terputus.

“Jadi, truk ditinggalkan begitu saja di pinggir jalan Bangkalan arah Surabaya, sebelum Suramadu. Platnya juga tidak diganti,” kata Bima, Minggu (3/11/2019).

Adapun kronologisnya, lanjut dia, berawal dari truk yang dikendarai sopir Suwarnata (35) ini membawa muatan kayu dari Gresik untuk dikirim ke Bali, pada Rabu (23/10/2019).

Namun setibanya di Tol Romokalisari sekitar pukul 21.00 WIB, dia dihadang oleh komplotan perampok. Pelaku berjumlah lima orang menggunakan mobil Suzuki Ertiga warna putih. Korban yang saat itu hanya seorang diri diminta untuk keluar dari truk.

Kemudian dia diseret ke dalam mobil pelaku. Kedua kaki serta tangannya diikat, mata dan mulutnya ditutup lakban. Para pelaku membuang korban di area persawahan di wilayah Lamongan. Setelah itu, komplotan ini membawa lari truk beserta muatannya.

Beruntung korban ditolong oleh warga setempat. Kemudian dia melaporkan kejadian itu ke Mapolrestabes Surabaya. (ang/dwi/rst)

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
31o
Kurs