Senin, 29 April 2024

Presiden Kawal Implementasi Rencana Pengembangan Blok Masela

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Presiden berharap, eksplorasi di Blok Masela bisa dilakukan pada tahun 2027. Foto: Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden akan mengawal langsung pelaksanaan rencana pengembangan (Plan of Development/PoD) Lapangan Abadi Blok Masela di Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku.

Pengembangan Blok Masela merupakan salah satu yang mendapat perhatian khusus Presiden.

Presiden berharap, eksplorasi di Blok Masela bisa dilakukan pada tahun 2027.

“Akan saya kawal. Tentu kami harapkan konstruksi segera dimulai sehingga sesuai dengan jadwal nanti tahun 2027 itu sudah bisa beroperasi,” ucapnya di Istana Negara, Jakarta, Jumat (19/7/2019).

Investasi yang dilakukan Inpex Corporation di Indonesia bagian timur diperkirakan akan memberikan dampak ekonomi dan kesejahteraan yang besar bagi masyarakat di sekitar rencana pengembangan tersebut.

“Nanti secara khusus saya akan berbicara mengenai Masela karena ini sebuah investasi yang sejak kita merdeka itu paling besar. Dari sisi dampak nantinya itu bisa ratusan ribu yang bekerja di sana apabila ini bisa dikembangkan kepada derivatif di bawahnya petrochemical,” tutur Presiden.

Pada kesempatan itu, Jokowi menyampaikan telah meminta Inpex Corporation untuk memaksimalkan konten lokal dalam mengelola Blok Masela. Selain itu, Presiden juga berharap tenaga kerja lokal dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin.

“Saya sudah sampaikan kemarin kepada Inpex, saya minta konten lokal harus setinggi-tingginya. Penggunaan tenaga kerja, karyawan dari daerah lokal dan Indonesia, juga sebanyak-banyaknya,” ungkap mantan Wali Kota Solo itu. (rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
28o
Kurs