Sabtu, 20 April 2024

Presiden Meninjau Lokasi Terdampak Tsunami di Lampung

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Joko Widodo Presiden membwrikan keterangan di sela kunjungan kerja ke sejumlah daerah di Provinsi Lampung yang terkena dampak tsunami, Rabu (2/1/2019). Foto: Biro Pers Kepresidenan

Joko Widodo Presiden hari ini kembali melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Lampung. Presiden dan rombongan lepas landas dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta dengan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 sekitar pukul 08.30 WIB.

Tiba di Bandar Udara Radin Inten II, Kabupaten Lampung Selatan pada pukul 09.05 WIB, Presiden disambut Muhammad Ridho Ficardo Gubernur Lampung, Mayjen TNI Irwan Pangdam II/Sriwijaya, dan Irjen Pol Purwadi Arianto Kapolda Lampung.

Selama berada di Provinsi Lampung, Presiden dijadwalkan meninjau beberapa lokasi terdampak tsunami Selat Sunda yang terjadi pada 22 Desember 2018 dan juga lokasi pengungsi.

Lokasi yang dikunjungi Kepala Negara adalah Kecamatan Rajabasa dan Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan.

Di Kecamatan Rajabasa, Presiden meninjau bangunan yang terdampak tsunami di Desa Way Muli pada pukul 11.30 WIB. Di sini juga Presiden memberikan keterangan pers.

Dalam keterangan persnya, Presiden menegaskan telah memerintahkan jajarannya untuk melakukan penanganan pascabencana tsunami dengan baik.

“Saya sudah sampaikan ke Bupati Lampung Selatan, Gubernur (Lampung), Menteri PU, dan ke BNPB agar segera dilakukan penanganan, terutama setelah evakuasi selesai,” ujar Presiden.

Selain itu, Presiden juga menjelaskan sudah menginstruksikan pembangunan rumah-rumah warga yang terkena dampak tsunami.

“Kita akan masuk ke situ, ke tahap rekonstruksi dan pembangunan. Tidak ada hunian sementara. Jadi langsung akan dibangun rumah tapi di kira-kira 400 meter dari sini. Ada tanah 2 hektare, direlokasi karena lokasinya di sini memang sangat rawan tsunami,” papar Presiden.

Selanjutnya Presiden meninjau para pasien terdampak tsunami Selat Sunda yang sedang dirawat di rumah sakit yang berada di Kabupaten Lampung Selatan.

Selesai meninjau semua lokasi, sore harinya Presiden akan menuju Bandar Udara Radin Inten II untuk kembali ke Jakarta dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1.

Turut mendampingi Presiden dalam penerbangan menuju Provinsi Lampung, antara lain Wiranto Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Nila Moeloek Menteri Kesehatan, Basuki Hadimuljono Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Agus Gumiwang Kartasasmita Menteri Sosial, Moeldoko Kepala Staf Kepresidenan, Heru Budi Hartono Kepala Sekretariat Presiden, Marsda TNI Trisno Hendradi Sekretaris Militer Presiden, dan Mayjen TNI Maruli Simanjuntak Komandan Paspampres. (rid/dim)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
29o
Kurs