Kamis, 25 April 2024

Presiden Sudah Mengajukan Calon Kapolri Pengganti Tito Karnavian

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Tito Karnavian Menteri Dalam Negeri mendapat ucapan selamat dari Laksamana Siwi Sukma Adji KSAL, usai pelantikan menteri Kabinet Indonesia Maju, Rabu (23/10/2019), di Istana Negara, Jakarta. Foto: Farid suarasurabaya.net

Joko Widodo Presiden sudah mengirim surat kepada DPR RI terkait usulan Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri), yang akan menggantikan Tito Karnavian.

Pernyataan itu disampaikan Presiden, sesudah melantik 38 orang menteri dan pejabat setingkat menteri, siang hari ini, Rabu (23/10/2019), di Istana Kepresidenan Jakarta.

Jokowi mengatakan, dalam surat resmi yang dikirim Menteri Sekretaris Negara kepada Pimpinan DPR RI, cuma ada satu nama calon yang diusulkan memimpin Korps Bhayangkara.

Calon itu adalah Komisaris Jenderal Polisi Idham Aziz yang sekarang masih aktif sebagai Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri.

“Soal pengganti Kapolri, hari ini sudah kami ajukan surat kepada DPR RI, Pak Idham Aziz Kabareskrim. Satu nama saja,” kata Presiden di Istana Kepresidenan Jakarta.

Seperti diketahui, kemarin, Selasa (22/10/2019), Presiden mengirim surat kepada Pimpinan DPR RI, terkait pemberhentian Jenderal Polisi Tito Karnavian sebagai Kapolri.

Surat tersebut dibacakan Puan Maharani Ketua DPR RI dalam forum rapat paripurna.

Merespon surat Presiden itu, mayoritas anggota dewan yang hadir memberikan persetujuan.

Alasan Presiden meminta Tito melepas jabatan Kapolri adalah pengangkatan sebagai Menteri Dalam Negeri, di Kabinet Indonesia Maju.

Maka dari itu, untuk sementara institusi Polri dipimpin oleh Komisaris Jenderal Polisi Ari Dono Sukmanto yang sebelumnya menjabat Wakapolri, selaku Pelaksana Tugas Kapolri. (rid/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
28o
Kurs