Jumat, 29 Maret 2024

Presiden dan Ibu Negara ke Korea Selatan Mengadiri Acara KTT ASEAN-RoK

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Joko Widodo Presiden dan Iriana Ibu Negara bersiap berangkat ke Korea Selatan dalam rangka kunjungan kerja menghadiri KTT ASEAN-RoK, Sabtu (23/11/2019), di Pangkalan Udara Militer Halim Perdanakusuma, Jakarta. Foto: Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden dan Iriana Ibu Negara bersama rombongan terbatas, Sabtu (23/11/2019) siang ini melakukan kunjungan kerja ke Korea Selatan.

Rombongan RI-1 lepas landas menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1, dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, sekitar pukul 12.19 WIB.

Di Busan, Korea Selatan, Presiden dijadwalkan menghadiri rangkaian acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN-Republic of Korea (RoK).

Gelaran KTT kali ini memperingati 30 tahun kemitraan ASEAN dan RoK, dengan mengusung tema Kemitraan bagi Perdamaian, Kesejahteraan bagi Semua.

Heru Budi Hartono Kepala Sekretariat Presiden yang ikut ke Korea Selatan mengatakan, Presiden akan membahas kerjasama ASEAN-RoK untuk 30 tahun mendatang, termasuk kerja sama konektivitas dan upaya menjaga stabilitas kawasan.

“Selama di Busan, Presiden akan mengadakan pertemuan bilateral dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in dan beberapa CEO Korea Selatan. Yang tidak kalah pentingnya, Jokowi Presiden akan bertemu kelompok ilmuwan dan peneliti muda Indonesia di Korea Selatan,” ujarnya sebelum berangkat.

Presiden dan Ibu Negara beserta rombongan, lanjut Heru, akan kembali di Indonesia pada 27 November 2019.

Turut mendampingi Presiden dan Ibu Negara dalam penerbangan ke Korea Selatan antara lain, Airlangga Hartarto Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Luhut Binsar Panjaitan Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi, Pratikno Menteri Sekretaris Negara.

Kemudian, Mayjen TNI Suharyanto Sekretaris Militer Presiden, Andri Hadi Kepala Protokol Negara, Mayjen TNI Maruli Simanjuntak Komandan Paspampres, dan Fadjroel Rachman Juru Bicara Presiden.

Sedangkan Retno Marsudi Menteri Luar Negeri sudah lebih dulu berada di Korea Selatan untuk mempersiapkan kunjungan Presiden.

Sementara itu, Ma’ruf Amin Wakil Presiden, Prabowo Subianto Menteri Pertahanan, Arifin Tasrif Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Erick Thohir Menteri Badan Usaha Milik Negara, Pramono Anung Sekretaris Kabinet, Marsekal Hadi Tjahjanto Panglima TNI, Jenderal Idham Azis Kapolri dan Anies Baswedan Gubernur DKI Jakarta mengantar sampai bandara. (rid/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
29o
Kurs