Minggu, 19 Mei 2024

Prihatin Korban Laka Lantas, Gojek Luncurkan URC dan Ambulans

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Dari kiri: dr. Agung Kurniawan Saputra MARS Humas RKZ Surabaya, Delly Nugraha Vice President Central Region Gojek berbincang dengan mitra driver. Foto: Totok suarasurabaya.net

Meningkatnya terus jumlah korban kecelakaan lalu lintas di Tanah Air, disikapi Gojek, Selasa (2/4/2019) dengan meluncurkan komunitas Unit Reaksi Cepat (URC) di Surabaya, yang satu diantara tugasnya memberikan pertolongan jika terjadi kecelakaan lalu lintas di jalan.

Delly Nugraha Vice President Central Region Gojek kepada awak media menyampaikan bahwa berdasarkan data Korlantas Polri angka korban kecelakaan lalu lintas di Indonesia memang terus meningkat, dan hal ini tidak bisa diabaikan.

“Data Korlantas Polri memang meningkat terus jumlah korban kecelakaan lalu lintas di jalan. Gojek bersama mitra driver serta komunitas lainnya menyikapi itu dengan meluncurkan URC ditambah satu unit armada ambulans untuk Kota Surabaya. Ini berawal dari keprihatinan kami,” terang Delly.

Namun demikian, lanjut Delly, mereka yang masuk menjadi bagian dari komunitas URC terlebih dahulu mengikuti pelatihan yang dilaksanakan Gojek bekerjasama dengan RS Katolik RKZ Kota Surabaya, terkait dengan penanganan awal jika membantu atau menangani sebuah kecelakaan di jalan.

“Kami bekerjasama dengan RS Katolik RKZ Kota Surabaya, dalam pelatihan-pelatihan untuk penanganan kecelakaan. Selama ini komunitas URC telah berinisiatif memberikan petolongan bagi pengguna jalan yang mengalami kecelakaan. Ini sangat kami apresiasi, dan akan terus kami berdayakan,” tambah Delly.

Ke depan, lanjut Delly, pihaknya akan terus memberdayakan mitra pengemudi melalui pelatihan P3K, seperti yang dilakukan di Kota Surabaya menggandeng Rumah Sakit (RS) Katolik RKZ Surabaya, agar pelatihan bermanfaat tidak hanya untuk keseharian sebagai driver Gojek tetapi bermanfaat juga untuk masyarakat umum.

Sementara itu, terkait pelatihan P3K untuk mitra pengemudi Gojek bersama RS Katolik RKZ Surabaya, disampaikan dr. Agung Kurniawan Saputra MARS, bahwa pelatihan bersama layanan ride hailing untuk mitigasi risiko lakalantas ini sangat menarik.

“Kolaborasi ini menarik. Dengan pembekalan ilmu dasar P3K untuk mitra driver ini kami harapkan memberikan manfaat bagi mereka karena mitra driver ini lebih banyak berada di jalan. Jika mereka memiliki keterampilan menolong sesama pengguna jalan saat terjadi kecelakaan, diharapkan juga bermanfaat bagi masyarakat,” tegas Agung.

Acara peluncuran Komunitas URC sekaligus satu unit armada ambulans di Kota Surabaya, Selasa (2/4/2019) didahului diskusi menyoal pentingnya pemahaman pemberian pertolongan pertama pada korban kecelakaan lalu lintas di jalan.(tok/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya
Kurs
Exit mobile version