Jumat, 19 April 2024

Puncak Penumpang Bus Purabaya Capai 46 Ribu Orang

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Pos pelayanan yang ada di Terminal Purabaya Surabaya. Foto: Antara

Puncak pengguna angkutan bus di Terminal Purabaya Surabaya di Bungurasih, Sidoarjo Jawa Timur mencapai 46 ribu orang menyusul adanya libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

“Puncak arus mudik liburan Natal dan Tahun Baru terjadi pada Sabtu (21/12/2019) lalu dengan jumlah pemudik berangkat mencapai 46 ribu orang, baik tujuan dalam provinsi maupun antar provinsi,” kata Imam Hidayat Kepala Sub Unit Terminal Purabaya, Selasa (24/12/2019).

Ia mengemukakan, peningkatan jumlah penumpang itu juga diprediksi akan terjadi pada malam ini dengan tujuan jarak pendek seperti Mojokerto, Jombang dan Kediri.

“Untuk jalur pendek kemungkinan akan terjadi peningkatan pada malam dan besok pagi,” katanya dilansir Antara.

Ia menjelaskan, jalur keberangkatan paling banyak yang mengalami lonjakan pemudik di antaranya jalur antar Propinsi tujuan Jogjakarta, Solo, dan Semarang.

“Sementara untuk Jalur dalam Propinsi didominasi tujuan Tulungagung, Kediri, Madiun, dan Malang,” katanya.

Sementara itu, untuk mengamankan Libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 di kawasan Terminal Purabaya, Bungurasih, Waru, Polresta Sidoarjo mendirikan Pos Pelayanan Ops Lilin Semeru 2019 berkonsep Koboi.

Polresta Sidoarjo menciptakan suasana yg lebih dekat dengan masyarakat, Pos Layanan Polisi yang didirikan Polresta Sidoarjo di terminal Purabaya ini berbeda dengan Pos Layanan Polisi pada umumnya. Dengan konsep ala Koboi, Pos Layanan Polisi di terminal Purabaya ini cukup menarik perhatian.
Baca juga: Penumpang bus Purabaya keluhkan sulitnya mendapatkan armada

Kombes Pol. Zain Dwi Nugroho Kapolresta Sidoarjo mengatakan, Pos Layanan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 yang didirikan di Terminal Purabaya ini sengaja dibentuk dengan konsep ala Koboi, sebagai upaya untuk menghilangkan rasa takut masyarakat saat membutuhkan bantuan Polisi di dalam pos Layanan tersebut.

Dengan mengambil konsep ala Koboi diharapkan masyarakat tidak sungkan atau takut untuk datang menikmati berbagai layanan gratis yang ada di dalam Pos Layanan kami ini,” ujar Kombes Pol. Zain Dwi Nugroho Kapolresta Sidoarjo.

Mulai dari layanan ruang istirahat yang dilengkapi pendingin ruangan, kursi pijat, hingga minuman gratis disediakan di dalam pos layanan ini. Tentunya juga Dilengkapi sarana CCTV untuk memonitor situasi dan kondisi Terminal Purabaya.

“Semua layanan di Pos Layanan ini kami persembahkan untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi pemudik di Terminal Purabaya yang ingin beristirahat atau yang memerlukan bantuan Polisi saat Mudik Libur Natal dan Tahun Baru,” katanya.(ant/tin/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
30o
Kurs