Sabtu, 29 Februari 2020

Pusat Konsultasi Education USA Diresmikan di Unair, Mudahkan Mahasiswa Lanjut Studi ke Amerika

Laporan oleh Agung Hari Baskoro
Bagikan
Peresmian Pusat Konsultasi Education USA di American Corner, Perpustakaan Kampus B Unair, Surabaya pada Jumat (8/11/2019). Foto: Baskoro suarasurabaya.net

Pusat Konsultasi Education USA secara resmi dibuka di American Corner, Perpustakaan Kampus B Unair, Surabaya pada Jumat (8/11/2019).

Mark McGovern Konsul Jenderal Amerika Serikat (Konjen AS) di Surabaya mengatakan, layanan ini akan memudahkan mahasiswa yang ingin melanjutkan studi di negeri Paman Sam.

“Ini kesempatan untuk pelajar Indonesia belajar di USA. Ini kita buka American Education Center. 15 tahun sudah kita dan Unair punya American Corner. Kita membangun kolaborasi hari ini, dalam bidang pendidikan untuk memperkenalkan ada program pendidikan gratis di Amerika,” ujar Mark McGovern di lokasi pada Jumat (8/11/2019).

EducationUSA adalah layanan konsultasi pendidikan yang didukung oleh Departemen Luar Negeri Amerika Serikat. Layanan gratis ini memberikan informasi yang jelas, akurat, dan komprehensif tentang belajar di Amerika Serikat. Selain di Unair, pusat konsultasi Education USA juga dibuka di Konsulat Jenderal AS Surabaya, serta di Aceh, Jakarta, Makassar, Medan, dan Malang.

“Kita welcome pada mahasiswa Indonesia yang studi di Amerika Serikat.
Sembilan ribu mahasiswa Indonesia belajar di Amerika. Ketika mereka kembali di Indonesia, mereka menjadi pemimpin di ekonomi, di komunitasnya, di politik. Mereka punya dampak yang luar biasa di pembangunan Indonesia,” jelasnya.

Prof. Djoko Santoso Wakil Rektor Unair yang hadir dalam pembukaan mengatakan, Unair berharap layanan konsultasi ini akan memudahkan mahasiswa dalam mencari informasi dan berkonsultasi mengenai serba-serbi pendidikan di luar negeri.

“Saya berharap bahwa dengan EducationUSA akan ada lebih banyak transfer pengetahuan, termasuk dengan bantuan alumni AS yang dapat berbagi pengalaman mereka saat belajar di Amerika Serikat. Kami berharap kolaborasi antara Universitas Airlangga dan Pemerintah Amerika Serikat di Indonesia akan tetap kuat dan berkelanjutan,” kata Prof. Djoko. (bas/tin/ipg)

Berita Terkait
Potret NetterSelengkapnya

Banjir di Pakal Sumberan Masuk Rumah Warga

Banjir Kandangan

Banjir di kawasan Greges dekat TL Simpang 3 Margomulyo

Genangan di Jln. Kapasari

Surabaya
Sabtu, 29 Februari 2020
27o
Kurs