Senin, 28 September 2020

RKZ Surabaya Gelar Cerdik Hadapi Kanker Payudara dan Kanker Serviks

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Seminar untuk ibu-ibu dan perempuan membahas Kanker Payudara dan Kanker Serviks di RKZ Surabaya. Foto: Humas RKZ

Sedikitnya 170 orang yang didominasi ibu-ibu, Sabtu (28/9/2019) hadir pada seminar awam: Cerdik Hadapi Kanker Payudara dan Kanker Serviks yang digelar RKZ Surabaya di Gedung Emaus lantai 5, RS Katolik St Vincentius a Paulo (RKZ) Surabaya.

Selain dalam rangka menyambut bulan Peduli Kanker Payudara pada Oktober nanti, seminar kali ini digelar sebagai sebuah langkah kecil memberikan edukasi kepada masyarakat khususnya ibu-ibu dan perempuan meningkatkan kesadaran menjaga kesehatan. Khususnya payudara dan serviks.

dr Agung K. Saputra, MARS., Kepala Bidang Hospital Relation & Development RS Katolik St Vincentius a Paulo (RKZ) Surabaya, mengatakan bahwa pencegahan dengan deteksi dan proteksi dini terhadap kanker merupakan langkah yang efektif.

“Untuk itu layanan kesehatan perlu meningkatkan layanan yang sifatnya preventif promotif. Dan ini juga menjadi komitmen RKZ Surabaya,” terang dr Agung.

Sementara itu, dalam paparannya dr Ajeng Tribawati, SpB., satu diantara pemateri kepada peserta seminar menyampaikan bahwa diagnosis Kanker Payudara tidak bisa dilakukan dengan 1 kali pemeriksaan saja.

“Dimulai dari pemeriksaan fisik oleh dokter, radiologis dengan USG dan atau Mamografi, juga Biopsi,” kata dr Ajeng Tribawati.

Materi lain terkait gambaran pemeriksaan mamografi disampaikan oleh dr Andreas Bayu Seto, SpRad., sedangkan materi kanker serviks disampaikan dr Marinus Frederikus Nugroho, SpOG.(tok)

Berita Terkait
NOW ON AIR SSFM 100

Meinara Iman Dwihartanto

Potret NetterSelengkapnya

Kemacetan di Raya Taman arah Bundaran Waru

Bypass Krian arah Mojokerto Macet

Underpass Satelit arah Mayjen Sungkono Macet

Kemacetan di Manukan

Surabaya
Senin, 28 September 2020
35o
Kurs