Jumat, 29 Maret 2024

Ratusan Perguruan Tinggi Swasta Bermasalah Ditutup

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Wisuda Kampus Yang Dinonaktifkan Sejumlah mahasiswa mengikuti acara wisuda perguruan tinggi STISIP Bina Putra Banjar yang dinonaktifkan oleh Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) di Gedung Graha Bakti Banjar Idaman (GBI), Mekarsari, Banjar, Jawa Barat, Selasa (6/10/2018). Foto: Antara

Mohamad Nasir Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, mengatakan, pemerintah hingga saat ini telah menutup sebanyak 243 perguruan tinggi swasta atau PTS di Tanah Air karena dianggap bermasalah dan tidak mematuhi peraturan.

“Izin operasional PTS itu, dibekukan sehingga lembaga pendidikan tersebut tidak dibenarkan lagi menerima mahasiswa baru,” kata Nasir, usai menjadi pembicara utama pada Sidang Paripurna Majelis Senat Akademi PTNBN 2019, di Gelanggang Mahasiswa Universitas Sumatera Utara di Medan, Senin (18/2/2019).

Kemenristekdikti mencabut izin PTS itu, menurut dia, setelah melakukan berbagai pertimbangan dan kajian, serta tidak mungkin lagi dipertahankan.

“PTS tersebut, dihentikan beroperasi karena melakukan pelanggaran yang cukup berat dan mengeluarkan ijazah Strata (S-1) palsu, serta memperjualkan belikan dokumen penting tersebut,” ujar Nasir dilansir Antara.

Ia menyebutkan, PTS tersebut, tidak dapat berkembang lagi dan kekurangan mahasiswa, tidak memiliki lahan/tanah untuk dibangun gedung kuliah.

Kemudian, PTS yang tidak memenuhi persyaratan, beberapa kali mendapat peringatan dari Kemenristekdikti, dan kesalahan lainnya.

“Kemenristekdikti tetap melakukan pengawasan dan pembinaan terhadap PTS, sehingga dapat lebih maju dan berkembang,” ucap dia.

Sebelumnya Nasir mengatakan, kuliah secara “online” atau pembelajaran secara daring dapat meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan di perguruan tinggi.

“Kuliah online tersebut merupakan pembelajaran baru, dan tengah diuji coba oleh tujuh perguruan tinggi di tanah air,” kata dia.

Uji coba pembelajaran secara daring atau “e-learning”, menurut dia, mulai dilaksanakan pada awal Februari 2019.(ant/tin/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
32o
Kurs