Senin, 27 Mei 2024

Ratusan Peserta UTBK Tak Hadir di Hari Pertama

Laporan oleh Agung Hari Baskoro
Bagikan
Pelaksanaan UTBK gelombang I di Kampus Unair, Surabaya, Sabtu (13/4/2019). Foto: Baskoro suarasurabaya.net

Ratusan peserta tidak hadir pada pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) hari pertama yang digelar di Kampus Unair, Surabaya pada Sabtu (13/4/2019). Berdasarkan data yang diterima suarasurabaya.net dari panitia pelaksana UTBK Unair, dari total 1450 peserta di sesi 1, sebanyak 128 peserta tidak hadir di ruang ujian. Pada sesi 2 yang digelar pada siang hari, dari total 1450 peserta, 139 peserta juga tidak hadir.

Junaidi Khotib Wakil Rektor IV mengatakan, banyaknya peserta yang tidak hadir ditengarai karena sebagian dari mereka sudah diterima di jalur SNMPTN. Sehingga, pada pelaksanaan UTBK, mereka memilih tidak hadir.

“Karena di awal kan pendaftaran untuk UTBK mulai 1 Maret (2019, red). Sementara pengumuman diterima melalui jalur SNMPTN waktu itu tanggal 22 Maret (2019, red),” ujar Junaidi kepada suarasurabaya.net.

Selain itu, ia juga menduga beberapa siswa memilih tidak memanfaatkan UTBK di gelombang pertama ini karena masih ada kesempatan tes pada gelombang kedua. Sebagaimana diketahui, pada pelaksanaan UTBK tahun ini, siswa bisa mendaftar dua gelombang sekaligus.

“Bisa saja dia tidak memanfaatkan (tes gelombang pertama, red) karena habis UNBK di sekolah. Mereka capek, terus kemudian menunggu mereka pada gelombang dua,” ungkapnya.

Di sisi lain, secara keseluruhan Junaidi mengaku tidak ada kendala berarti selama pelaksanaan UTBK hari pertama di Unair. Hanya saja ia mengimbau kepada para peserta agar lebih memperhatikan kelengkapan yang harus dibawa di ruang ujian agar tidak tertinggal.

“Kalau kita lihat di sesi satu, peserta tidak ada yang terlambat, tetapi peserta tidak bawa identitas, semisal forokopi ijazah, atau surat keterangan dari sekolah itu ada 7 orang. Sesi dua ada 6 orang,” katanya.

Terkait peserta yang tidak membawa persyaratan tersebut, panitia akan melakukan verifikasi yang akan dilakukan setelah peserta selesai melangsungkan ujian. Ini dimaksudkan agar peserta tidak terganggu dan bisa mengerjakan soal terlebih dahulu. (bas)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Senin, 27 Mei 2024
29o
Kurs