Rabu, 25 Mei 2022

Rayakan Lebaran di Jakarta, Jokowi Presiden Kembali Salat Idulfitri di Masjid Istiqlal

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Ribuan Umat Islam memadati area Masjid Istiqlal Jakarta jelang pelaksanaan Salat Idulfitri 1440 Hijriah, Rabu (5/6/2019). Foto: Farid suarasurabaya.net

Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat pagi hari ini, Rabu (5/6/2017), nerisi penuh ribuan Umat Islam yang akan melaksanakan Salat Idulfitri 1440 Hijriah.

Pantauan dari pukul 5.00 WIB, lantai satu Masjid Istiqlal sudah dipenuhi ratusan Kaum Muslimin yang tadi ikut melaksanakan Salat Subuh berjamaah.

Sedangkan di luar masjid, warga masyarakat berdatangan, baik sendiri, bersama keluarga, mau pun rombongan dari berbagai daerah.

Area parkir dan jalanan depan pintu masuk masjid yang berseberangan dengan Katedral Jakarta, sudah dipadati kendaraan.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Katedral Jakarta yang posisinya persis di seberang sebelah timur Masjid Istiqlal, menyediakan lahan parkir untuk Umat Islam yang akan menjalankan Ibadah Salat Idulfitri.

Dengan tertib, para jamaah memasuki halaman masjid. Tapi, sebelum masuk ke area salat, setiap orang harus menjalani proses pemeriksaan tubuh dan barang bawaan.

Sesudah melewati pemeriksaan, para peserta Salat Idulfitri langsung diarahkan mengisi saf-saf di dalam masjid yang terdiri dari lima lantai, dan total bisa menampung sekitar 200 ribu jamaah.

Prosedur pengamanan ketat oleh Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) serta anggota kepolisian dan TNI di sekitar area masjid dilakukan, karena rencananya Joko Widodo Presiden dan Iriana Ibu Negara akan Salat Ied di Masjid Istiqlal.

Selama menjabat Presiden periode 2014-2019, Jokowi tercatat baru sekali melaksanakan Salat Idulfitri di Masjid Istiqlal, pada tahun 2017. Selebihnya, mantan Gubernur DKI Jakarta itu Salat Ied di daerah Aceh, Padang, dan Bogor.

Wakil Presiden beserta sejumlah Menteri Kabinet Kerja, pimpinan lembaga tinggi negara, Gubernur DKI Jakarta dan perwakilan negara-negara sahabat juga dijadwalkan ikut Salat Idulfitri bersama Jokowi.

Salat Idulfitri rencananya dimulai pukul 07.00 WIB.

Berdasarkan informasi dari Pengurus Masjid Istiqlal, Said Agil Husin Al Munawar mantan Menteri Agama akan menjadi khatib atau penceramah sekaligus imam Salat Idulfitri di Masjid Istiqlal tahun ini.

Tema ceramah Salat Ied tahun 1440 Hijriah di Masjid Istiqlal adalah; Idul Fitri Menebar Maaf Membangun Kebersamaan.

Menurut Abu Hurairah Abdul Salam Kepala Humas dan Protokol Masjid Istiqlal, tema itu relevan dengan kondisi Indonesia usai Pemilu 2019.

Dia berharap, dengan ceramah itu, masyarakat yang terpolarisasi karena beda pandangan politik, bisa kembali bersatu dan saling memaafkan demi kebaikan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Usai Salat Idulfitri, Jokowi Presiden dan Iriana Ibu Negara punya agenda bersilaturahim dengan Wakil Presiden, para pimpinan lembaga negara, Menteri Kabinet Kerja, para duta besar negara sahabat, dan pejabat negara lainnya.

Kemudian, Presiden beserta Ibu Negara juga akan meluangkan waktu bersilaturahim dengan masyarakat, di Istana Negara, Jakarta, mulai pukul 09.30 WIB sampai pukul 11.00 WIB. (rid/dwi)

Berita Terkait

Surabaya
Rabu, 25 Mei 2022
27o
Kurs