Sabtu, 27 April 2024

Risma Bagikan Daun Pisang Pembungkus Daging Kurban ke Masjid

Laporan oleh Anggi Widya Permani
Bagikan
Pembagian daun pisang pengganti plastik untuk membungkus daging kurban. Foto: Humas Pemkot Surabaya.

Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya bersama jajarannya berkeliling ke sejumlah masjid di Kota Pahlawan, Minggu (11/8/2019). Risma membagikan daun pisang sebagai pengganti kantong plastik, yang digunakan membungkus daging kurban untuk masyarakat.

“Tadi saya ngumpulin daun-daun di kediaman untuk saya bagi ke warga yang memotong hewan-hewan kurban. Supaya menggunakan daun untuk keperluan tersebut,” kata Risma dilansir Antara.

Menurut Risma, hal itu dilakukan sebagai bentuk komitmennya untuk mengurangi sampah plastik. Untuk itu, ia berharap warga Kota Surabaya tidak menggunakan plastik.

Adapun daun pisang yang dibagikan itu, kata dia, berjenis calathea.

Sementara itu, M Fikser Kepala Bagian Humas Pemkot Surabaya menjelaskan upaya ini dilakukan untuk meminimalisir penggunaan sampah plastik. Ada empat masjid yang diberi daun tersebut yakni, Masjid Al-Muhajirin Jalan Kanginan dan Masjid Cheng Ho Jalan Gading.

“Berikutnya Masjid Rohman Arif Jalan Karang Gayam dan terakhir Masjid An-Nur SMA Negeri 2,” kata Fikser.

Ia menambahkan, daun-daun yang berhasil dikumpulkan itu, sekitar 12 ikat. Masing-masing ikatnya sekitar 10 kilogram. “Sehingga total daun tersebut kurang lebih 120 kilogram,” katanya.

Sekedar diketahui, Pemerintah Kota Surabaya menyerahkan hewan kurban sebanyak 16 ekor sapi dan 44 ekor kambing pada Idul Adha tahun ini. Dari 16 sapi kurban tersebut, enam di antaranya diberikan warga yang tinggal di eks lokalisasi Dolly dan untuk sisanya kami sebarkan ke masjid-masjid Surabaya. (ant/ang)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
31o
Kurs