Jumat, 26 April 2024

Risma Pastikan Bozem Underpass Mayjend Sungkono Bisa Meredam Banjir

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Pembangunan bozem di Underpass Jl Mayjend Sungkono Surabaya, Kamis (26/12/2019). Foto: Abidin suarasurabaya.net

Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya melakukan sidak pembangunan bozem di Underpass Jl Mayjend Sungkono Surabaya, Kamis (26/12/2019). Bozem itu, kata Risma, mampu meredam banjir di beberapa titik Surabaya barat.

“Sebetulnya (bozem) ini fungsinya banyak. Bisa menampung air yang dari underpass dan bisa untuk mengontrol debit air hujan yang mengalir turun ke Jl Pattimura. Kalau ada ini bisa kita hambat dengan bozem ini. Air bisa ditahan di sini,” ujar Risma saat sidak di kawasan taman Underpass.

Risma mengatakan, air di wilayah underpass ini alirannya sampai turun menuju kawasan Simo. Sehingga di Simo juga dibangun bozem untuk tampungan debit air itu.

“Sebelum apartemen Somerset itu, ada saluran ke kiri tepatnya di belakang Kupang Jaya tembus ke Jalan Pattimura. Laju debit air ini kalau bisa dihambat di sini,” katanya.

Bozem ini, kata Risma dibangun lebih dalam agar bisa menampung air lebih banyak. Sehingga, bozem berfungsi sebagai tampungan sementara agar air tidak cepat turun ke daerah bawah dan mengakibatkan genangan di pemukiman.

“Bozem dibuat dalem, nanti kalau sudah tinggi airnya baru bisa mengalir ke saluran. Arah air dari sini nanti masuknya sampai ke box culvert Banyu Urip,” katanya. (bid/ang/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
30o
Kurs