Jumat, 26 April 2024

Risma Segera Resmikan Perubahan Eks Lokalisasi Sememi

Laporan oleh Agung Hari Baskoro
Bagikan
Tri Rismaharini Walikota Surabaya saat berada di tempat budidaya anggrek, di bekas lokalisasi Sememi, Tandes, Surabaya, Minggu (28/7/2019). Foto: Baskoro suarasurabaya.net

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya telah menyiapkan budidaya anggrek dan rumah jamur di eks lokalisasi Sememi, Tandes, Surabaya. Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya mengatakan, akhir bulan Juli atau Awal Agustus mendatang dia siap meresmikan transformasi eks lokalisasi Sememi itu.

“Beberapa wisma (rumah eks lokalisasi, red) sudah kami beli. Nanti jadi tempat mengajari warga. Bukan cuma (menanam,red) jamur dan pasca panennya, saya juga pengen punya kebun anggrek. Ternyata kita punya ahli pertanian yang bisa kembangkan anggrek. Akhir bulan ini saya resmikan,” katanya, Minggu (28/7/2019).

Setelah resmi, Risma memastikan warga sekitar dapat memanfaatkan lokasi itu untuk belajar budidaya anggrek dan jamur sehingga mereka bisa mendapat penghasilan. Pemkot Surabaya akan memberi pelatihan dan bantuan bibit untuk ditanam di rumah masing-masing.

“Bukan kami yang menjual, kami cuma membuat kebunnya. Warga datang ke sini. Yang jual anggreknya mereka. Ini ada wisatanya, maka nanti pengunjung bisa ke sini, ada anggrek yang bagus-bagus, pengen lihat, belinya di warga. Kami (yang, red) budidayakan,” jelasnya.

Selain itu, warga juga bisa menjual olahan jamur seperti jamur krispi untuk dijual di sekitar lokasi atau di lokasi lainnya. Risma mengklaim, warga setempat sudah mendapat pelatihan mengolah jamur pascapanen.

“Bisa juga dijual di sekolah-sekolah. Mereka (warga) sudah kami ajari untuk pasca panennya, cuman kan ini produknya belum begitu banyak. Nanti kalau sudah banyak mereka bisa mulai memproduksi jamur krispi hasil dari sini,” ujarnya. (bas/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
31o
Kurs