Jumat, 29 Maret 2024

Risma Ungkap Sulitnya Mencari Pejabat Berintegritas

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya dalam Sidang Paripurna di Gedung DPRD Kota Surabaya Jl Yos Sudarso, Kamis (31/10/2019). Foto: Abidin suarasurabaya.net

Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya mengungkapkan, masih adanya beberapa posisi Kepala Dinas yang kosong atau diisi Pelaksana Tugas (Plt) karena dia rasa tidak mudah mencari pejabat yang memiliki integritas tinggi.

“Jadi ini perlu saya sampaikan bahwa kalau saya mencari pejabat itu tidak hanya pintar saja. Kalau pintar tapi kemudian dia nakal, saya tidak akan toleran,” tegas Risma saat menjawab pandangan umum fraksi dalam Sidang Paripurna di Gedung DPRD Kota Surabaya Jl Yos Sudarso, Kamis (31/10/2019).

Sekadar diketahui, beberapa posisi Kepala Dinas masih diisi prjabat Plt, diantaranya Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian yang saat ini dipimpin Erna Purnawati sebagai Plt. Erna Purnawati merupakan kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga. Kemudian Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau yang saat ini dipimpin Eri Cahyadi sebagai Plt. Eri merupakan kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya.

Kemudian Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Surabaya yang saat ini dipimpin Eddy Christijanto juga sebagai Plt. Eddy Christijanto merupakan kepala Badan Penanggulangan Bencana dan Perlindungan Masyarakat (BPB Linmas) Kota Surabaya.

Risma juga menjawab pertanyaan terkait pelayanan perizinan dan atau non perizinan terpadu di Kota Surabaya. Risma menyampaikan, proses perizinan telah menetapkan asas percepatan, kemudahan, efektifitas, efisiensi melalui Surabaya Single Window (SSW).

“Dimana perizinan tersebut dilakukan secara online,” ujar Risma.

Sedangkan menjawab pandangan umum terkait program kehumasan di Pemkot Surabaya, Risma memastikan, program kehumasan dilakukan dalam rangka menyampaikan informasi terkait program pemerintah kota yang sudah, sedang, dan akan dilaksanakan. Penyampaian informasi itu melalui media yang di dalamnya juga meliputi kegiatan yang ada di perangkat daerah.

“Terkait dengan segala hal yang berkaitan dengan pemerintah kota dapat disampaikan melalui E-Sapa Warga dan Command Center 112 dan akan direspon kembali melalui media center pemerintah kota,” kata Risma.

Lalu, terkait rencana kerja pembangunan daerah 2020 mendatang, pihaknya memastikan bahwa Pemkot Surabaya akan terus konsisten dalam semua program dan kegiatan. “Tujuannya agar rakyat merasakan APBD dengan benar-benar untuk kemakmuran rakyat,” kata Risma.

Pada kesempatan itu, rapat dipimpin oleh Laila Mufidah Wakil Ketua DPRD Surabaya, yang dihadiri 37 dari 50 anggota DPRD Surabaya. Selain itu, hadir pula Hendro Gunawan Sekretaris Daerah Kota Surabaya, bersama seluruh jajaran pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkot Surabaya. (bid/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
30o
Kurs